Hamilton, Pole Sitter dan Rekor Lap

Hamilton, Pole Sitter dan Rekor Lap

  Minggu, 26 May 2019 09:23
FOTO : Lewis Hamilton

Berita Terkait

Mercedes Pimpin Start GP Monako

MONAKO - Lewis Hamilton begitu emosional selepas kualifikasi ketiga GP Monako tadi malam. Setelah memarkir W10 dan melepas helm-nya, pembalap Inggris itu beranjak dan langsung naik ke arah tribun penonton. Dia berteriak seakan dia memenangkan balapan kali ini.

Balapan GP Monako kali ini terasa berat buat Hamilton. Apalagi dia sangat terpukul setelah kehilangan sang mentor, Niki Lauda awal pekan lalu. Tetapi, dia membalikkan kesedihan itu menjadi energi positif. Seperti yang sudah diduga sebelumnya. Para pembalap Mercedes akan memimpin start di Monte Carlo nanti malam. 

Kali ini  kembali giliran Hamilton yang mengamankan pole position. Sedangkan rekan setimnya, Valtteri Bottas akan membalap dari grid kedua.

Sirkuit jalanan di Monte Carlo juga masih bersahabat dengan duet pembalap Mercedes itu. Hamilton bahkan mencetak rekor lap dengan 1 menit, 10,166 detik. Dia unggul 0,086 detik dari Bottas. Adapun Max Verstappen (Red Bull) akan memulai start dari posisi ketiga, terpaut 0,475 detik dari Hamilton.

Hamilton, sang juara dunia lima kali wajib berterima kasih kepada para crewnya yang telah melakukan segalanya untuk kemajuan W10. "Untuk mendapatkannya (pole position) sangat berarti buat saya. Saya telah berupaya lebih dari sebelumnya. Putaran yang sangat indah, saya merasa luar biasa dan sangat bersyukur," terang pembalap 34 tahun.

Di tempat yang sama, Bottas terlihat kecewa. "Saya merasa bisa mendapatkan itu (pole position), tapi sayangnya tidak," katanya dengan wajah datar. Pembalap Finlandia itu sempat memimpin pada awal kualifikasi ketiga. "Apapun bisa terjadi, tidak alasan untuk menyerah setelah Sabtu (kemarin), masih ada balapan yang panjang di depan," terangnya.

Musim ini, Bottas seolah-olah hanya membalap dengan Hamilton. Persaingan keduanya kini bahkan menghasilkan posisi 1-2 buat Mercedes dalam lima balapan awal musim ini. Adapun, pembalap lain harus kesulitan untuk menerobos dominasi tim silver arrows. 

Di sisi lain, Sebastian Vettel sebenarnya punya kans untuk bisa menyodok di tiga besar. Sayangnya. Saat menghabiskan lap pemungkas, pembalap Jerman itu sempat membentur pembatas jalan. Alhasil, dia mengisi grid ketiga terpaut 0,781 detik dari Hamilton pada kualifikasi ketiga tadi malam.

Pembalap Ferrari lainnya, Charles Leclerc gagal bersinar saat kualifikasi kemarin. Andalan tuan rumah itu bahkan gagal lolos dari kualifikasi pertama. Miskomunikasi dengan paddock Tim kuda jingkrak membuatnya gagal masuk 15 besar pembalap.

Dia seharusnya masih punya kesempatan untuk mengambil satu lap terakhir saat kualifikasi pertama. Tetapi, Ferrari membuat keputusan Leclerc tetap berada di paddock. Padahal, pembalap malah memanfaatkan kesempatan terakhir untuk masuk top 15.

Leclerc bukannya tanpa perlawanan. Dia memimpin free practice ketiga. Unggul 0,053 dari Bottas. Tampil di hadapan publik sendiri, Leclerc selanjutnya akan memulai balapan dari posisi ke-16. Tantangan berat buat pembalap 21 tahun itu untuk bisa menyodok finis di papan atas. (nap)
 

Berita Terkait