Hadirkan Wartawan Asing, Promosikan Pontianak dan Singkawang

Hadirkan Wartawan Asing, Promosikan Pontianak dan Singkawang

  Rabu, 9 March 2016 19:59

Berita Terkait

PONTIANAK-Kementerian Pariwisata RI memanfaatkan momen langka terjadinya gerhana matahari untuk mempromosikan destinasi wisata di Indonesia. Termasuk di Kalbar dengan mengundang sejumlah media asing dari negara tetangga Malaysia, mengunjungi dua kota yaitu Pontianak dan Singkawang.

Kepala Bidang Perjalanan Perkenalan Wista Pasar Asia Tenggara Kemenpar RI Hari Budiarti menjelaksan, selain menyaksikan gerhana matahari yang hanay terjadi di Indonesia, para jurnalis ini juga akan mengunjungi sejumlah atraksi wisata di Kota Pontianak dan Singkawang.

Tujuannya agar lebih memperkenalkan kekayaan wisata di dua kota ini, sehihngga berdampak pada peningkatan kunjungan wisata. Khususnya wisatawan mancanegara (wisman) malalui pintu masuk Kota Pontianak. “Potensi wisata di darah ini cukup banyak, tinggal bagaimana lebih dikenal lagi, untuk itu kami akan gencar melakukan promosi,” terangnya saat menggelar jumpa pers, Selasa (8/3) malam.

Beberapa tempat yang akan dikunjungi selain kegiatan gerhana diantaranya, Aloe Vera Center, Rumah Radakng, cagar budaya rumah marga Thai, tanjung bajau, bihara tua dan pembuatan keramik di desa sakok.      Ada sepuluh juranalis dari berbagai media di Malaysia yang ikut serta dalam kegiatan yang dinamai Familiarization (Fam Trip) ini. Diharapkan mereka bisa menginformasikan melalui media masing-masing dan menceritakan bagaimana pengalaman saat mengunjungi dua kota ini. “Seperti bagaimana kota ini memiliki konektivitas degan pasar internasional, daya tarik wisata yang dimiliki, fasilitas wisatawan, serta kekayaan budaya dan kuliner,” terangnya.

Menurutnya untuk menjadi destinasi ungula konektivitas merupakan faktor yang sangat penting. Seperti rute penerbangan langsung antara Kuala Lumpur dan Pontianak, bisa menjadi salah satu nilai tambah untuk berwisata ke Indonesia.

Selain itu harus juga didukung dengan destinasi wisata yang menarik dan memotivasi perjalanan serta fasilitas memadai. Dengan semakin meningkatnya keinginan wisatawan untuk memiliki pengalaman unik ketika berwisata, maka peristiwa khusus seperti titik kluminasi di Tugu Khatulistiwa Kota Pontianak sebagai satu-satunya kota yang berada tepat di garis khatulistiwa, dapat menjadi daya tarik wisata yang unik.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun citra positif Kota Pontianak dan Singkawang serta Indonesia pada umumnya. “Terutama sebagai daerah tujuan wisata utama wisatawan Malaysia, lalu berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan asal Malaysia ke Indonesia,” pungkasnya.(bar)

Berita Terkait