H-1 Distribusi Logistik Dipastikan Kelar , 8 Desember Seluruhnya Berada di TPS

H-1 Distribusi Logistik Dipastikan Kelar , 8 Desember Seluruhnya Berada di TPS

  Sabtu, 5 December 2015 09:51
DISTRIBUSI: Ketua KPU Kabupaten Ketapang Ronny Irawan didampingi Kapolres dan Dandim 1203/Ketapang melepaskan truk yang membawa logistik Pilkada ke seluruh kecamatan di Ketapang. AHMAD SOFI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

KETAPANG – Logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ketapang mulai didistribusikan. Kamis (3/12) siang, logistik Pilkada didistribusikan ke 20 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Ketapang. Dijadwalkan, sehari sebelum pemungutan suara, seluruh logistik sudah ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang, Ronny Irawan, mengatakan, pendistribusian logistik Pilkada dari KPU ke seluruh PPK menggunakan truk yang dikawal aparat kepolisian. "Total ada 12 truk untuk 18 kecamatan. Untuk Kecamatan Delta Pawan dan Benua Kayong diambil sediri oleh PPK ke KPU," kata Ronny, kemarin (3/12) di Ketapang.
Ia menjelaskan, untuk kecamatan berdekatan dan logistiknya tidak terlalu banyak, pendistribusian digabung menggunakan satu truk. "Selanjutnya logistik akan disimpan di Kantor Kecamatan, sebelum didistribusikan ke desa atau kelurahan. Sehari sebelum pencoblosan, semua logistik sudah ada di TPS," jelasnya.
Ronny tak memungkiri ada beberapa kecamatan yang jauh yang harus mereka jangkau, di antaranya Kecamatan Simpang Hulu, Manismata, dan Kecamatan Kendawangan. "Di Kendawangan ada satu pulau namanya Pulau Bawal. Teknis pengirimanya akan ditangani PPK setempat," ungkapnya.Lebih lanjut ia menjelaskan, logistik akan didistribusikan paling lambat 7 – 8 Desember, di mana sudah bergeser ke seluruh TPS. Agar tidak terjadi kesalahan, dia berharap agar pihak PPK kembali menyortir, sebelum didistribusikan ke PPS. "Di PPK akan disortir lagi untuk didistribusi ke desa dan TPS, agar tidak terjadi salah kirim," ungkapnya.
Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Ketapang AKBP Hady Poerwanto menugaskan para personel mereka, yang dipersenjatai lengkap dengan senjata laras panjang, untuk mengawal logisltik Pilkada. "(Sebanyak) 12 truk dikawal satu anggota yang dipersenjatai dengan senjata laras panjang," kata Kapolres.Selain itu, dia juga memastikan, masih ada puluhan anggota yang akan mengamankan logistik, baik saat pendistribusian, maupun saat dalam penyimpanan. "Ada sekitar 50 personel dari Polres dan Polsek, untuk mengamankan logistik.
Apabila ada permasalahan di jalan, bisa dikoordinasikan dengan Polsek maupun Danramil terkait dengan pengawalan," jelasnya.Setelah sampai di PPK, dia memastikan jika pengamanan akan diambil alih oleh Polsek dan Koramil. "Personel di Polsek menjaga logistik 24 jam di tempat penyimpanan," pungkasnya. (afi)

 

Berita Terkait