Gurihnya Pempek Tanpa Ikan

Gurihnya Pempek Tanpa Ikan

  Kamis, 2 Agustus 2018 15:05

Berita Terkait

Siapa tak kenal pempek? Makanan khas Palembang ini selalu berhasil mencuri hati penikmatnya. Umumnya, pempek diolah dari bahan dasar ikan yang dicampurkan dengan tepung kanji dan tepung terigu. Namun, kini pempek tak hanya terbuat dari ikan. Salah satunya pempek berbahan udang ala Nur Diah. 

Oleh : Ghea Lidyaza Safitri

Cita rasa pempek berbahan daging ikan tenggiri atau belidak yang digiling lembut tak diragukan lagi. Agar tampak padat, daging ikan diberi tambahan tepung kanji. Tak lupa beberapa komposisi bumbu sederhana, seperti telur, bawang putih, serta penyedap rasa dan garam agar pempek lebih legit. 

Kini, pempek tak hanya dapat diolah dari daging ikan. Nur Diah, pemiliki kedai Pempek Wa’Daeng justru mengolah panganan ini dari bahan dasar udang ebi. Ditemui di kedainya di di Kubu Raya, Nur Diah menceritakan proses pembuatan pempek udang ebi.

“Bedanya, hanya terletak pada bahan utamanya yang diganti dengan udang ebi. Soal rasa juga tak kalah dengan pempek ikan pada umumnya,” ujarnya. 

Proses pembuatan pempek sendiri dimulai dengan merendam dan menghaluskan udang ebi. Udang yang telah halus kemudian dicampurkan ke dalam tepung kanji dan terigu, serta bumbu halus yang sudah disiapkan agar menghasilkan rasa pempek yang gurih.

Pempek Wa’Daeng terbagi atas tiga jenis, yakni pempek kapal selam isi telur rebus, mini pempek isi telur kocok, dan pempek lenjer original. Tak hanya memiliki ciri khas dan keistimewaan tersendiri, ketiga pempek ini juga digorengan dengan tingkat garing yang berbeda.

Diantara ketiga pempek, mini pempek isi telur kocok terasa cukup unik. Baik dari segi rasa maupun isiannya. Telur dikocok hingga merata dan diberi pewarna makanan berwarna kuning. Setelah tercampur, kocokan telur dimasukkan perlahan ke dalam pempek.

“Proses pengerjaannya seperti membuat pastel. Bedanya, bagian tengah adonan mini pempek diberi lubang untuk memasukkan kocokan telur. Setelah itu, adonan direbus,” pungkas Nur Diah. **

Berita Terkait