Gunakan Media Triplek

Gunakan Media Triplek

  Jumat, 27 May 2016 09:30
FOKUS: Para peserta khattil quran tampak fokus saat membuat kaligrafi Alquran. ASHRI ISNAINI/ PONTIANAK POST

Berita Terkait

KUBU RAYA – Berbeda dengan perlombaan dua kategori khattil quran sebelumnya, pada Perlombaan Khattil Quran kategori dekorasi kontemporer para peserta dibebaskan  memilih jenis khat atau kaligrafi seperti Naskhi, Tsulust, Riq'ah, Diwani, Diwani Djali, Farisi, dan Khaufi. 

“Walau para peserta dibebaskan untuk memilih jenis Khat, namun tidak boleh mencampurkan antara satu jenis khat dengan jenis khat yang lainnya,” kata Dewan Hakim Cabang Khattil Quran, Udi Yuliarto Lc. MA. 

Udi Yuliarto menerangkan golongan dekorasi (kontemporer) ini, sangat berbeda dengan golongan naskah dan hiasan mushaf, karena bahan yang digunakan bukan dari kertas karton namun memakai triplek.

Dia menerangkan, para peserta tidak boleh menggabungkan jenis khat Tsulust dengan jenis Kaligrafi Rig'ah dalam satu kalimat dan begitu pula dengan jenis kaligrafi lainnya. Adapun penilaian yang paling penting adalah bagaimana para peserta dapat memotong ayat dengan baik dan benar ketika ingin merubah jenis khat yang lainnya. 

“Adapun penilaian yang menjadi perhatian bagi para dewan juri ini antara lain, keserasian warna, bentuk dekorasi, dan kaedah penulisan khat. Dimana para peserta ini diberikan waktu selama 8 jam untuk menyelesaikan hasil karya mereka, dan yang kemudian langsung dinilai oleh dewan juri,” paparnya. 

Udi mengakui, saat ini sudah banyak para orang yang mahir dalam penulisan arab yang hasil karyanya sudah dipakai untuk menghiasi sejumlah masjid dan surau. “Karena sudah mahir dalam bidang kaligrafi, tidak sedikit karya mereka yang dipamerkan hingga dijual kesejumlah daerah mulai dari pasar lokal hingga nasional,” ungkapnya. 

Musabaqah Khattil Quran yang memiliki 3 golongan pada setiap cabangnya merupakan perlombaan yang memiliki banyak peserta yang berjumlah 84 orang dan setiap golongannya diikuti 28 peserta dari 14 Kafilah kabupaten/kota. Adapun golongan yang diperlombakan pada cabang Khattil Quran ini diantaranya golongan Naskah, Hiasan Mushaf dan golongan dekorasi kontemporer. (ash) 

Berita Terkait