Gubernur Terpilih Dilantik Usai Asian Games

Gubernur Terpilih Dilantik Usai Asian Games

  Rabu, 1 Agustus 2018 14:12
ilustrasi

Berita Terkait

PONTIANAK - Kalimantan Barat sudah memiliki gubenur baru. KPU Kalbar sudah menetapkan pasangan Sutarmidji-Ria Norsan sebagai pasangan kepala daerah terpilih dalam kontestasi pilkada kemarin.

Penjabat Gubernur Kalbar, Dodi Riyamadji mengatakan, pemerintah sudah menetapkan jadwal pelantikan bagi gubernur terpilih. “Sudah ada jadwal, pastinya dilantik setelah Asian Games. Untuk jadwal pelantikan pada 17 September,” ujar Dodi saat Rapat Paripurna Istimewa Pengumuman Hasil Penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar perihal Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar terpilih periode 2018-2023 di Balairung Sari DPRD Kalbar, Selasa (31/7).

Rapat Paripurna Istimewa dipimpim Wakil Ketua DPRD Kalbar Suriansyah. Dihadiri masing-masing Wakil Ketua DPRD Kalbar Suma Jenny Haryanti Ermin Elviani, Penjabat Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji dan para kepala SKPD Pemprov Kalbar. Rapat dihadiri 22 Anggota dari 65 anggota DPRD Kalbar mengumumkan Sutarmidji dan Ria Norsan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar terpilih periode 2018-2023.

“KPU sudah mengeluarkan keputusan dan proses selanjutnya melapor ke DPRD. Baru kemudian DPRD akan mengirimkan surat kepada Presiden melalui Mendagri,” jelas Dodi

Wakil Ketua DPRD Kalbar Suriansyah mengatakan, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih itu adalah Sutarmidji dan Ria Norsan. “Selanjutnya kami akan mengusulkan pengesahan ke presiden,” kata Suriansyah

Pelantikan kepala daerah tahap pertama sendiri dijadwalkan dilakukan pada 17 September 2018. Akan tetapi kemungkinan besar dimundurkan beberapa hari. Itu karena Presiden Joko Widodo sedang sibuk.

“Belum ada kepastian. Namun saya dengar-dengar seperti itu,” ucap Dodi.

Menurut Dodi, Pemprov sudah memperoleh informasi bahwa setelah Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang, Presiden Jokowi akan menyelesaikan beberapa acara terlebih dahulu. Meski wacana pelantikan kepala daerah kemungkinan tertunda beberapa hari, termasuk pelantikan Sutarmidji-Ria Norsan sebagai gubernur dan wakil gubernur definitif, proses administrasi tetap harus dipenuhi.

“Semuanya telah memenuhi persyaratan, baik secara politik maupun administratif. Tentunya, saya berharap kepada kawan-kawan agar bisa mensosialisasikan ke masyarakat bahwa gubernur-wakil gubernur terpilih yang akan memegang kendali penyelenggaraan pemerintahan di Kalimantan Barat sejak dilantik Presiden di Istana Negara nanti,” tutup Dodi.

Gubernur Kalbar terpilih, Sutarmidji mengatakan bahwa rencana sekarang menselaraskan rencana pembangunan jangka pendek dan  selanjutnya persiapan visi-misi yang sudah disampaikan beberapa waktu lalu. Salah satunya yang sudah ada yakni keseriusan membenahi RSU  Soedarso, Pontianak menjadi rumah sakit rujukan terbesar di Kalbar.

“Pada perubahan anggaran saya minta feasibility study sudah harus masuk. Masuk kalau ada duitnya diikuti pembuatan turap di pinggir sungai depan RSU Pontianak sudah dikerjakan pada perubahan APBD 2018,” ucapnya.(mse/den)

Berita Terkait