Gubernur Pimpin Safari Ramadan 1440 H

Gubernur Pimpin Safari Ramadan 1440 H

  Rabu, 15 May 2019 10:48
SAFARI RAMADAN: Gubernur dan Bupati Mempawah foto bersama penerima bantuan

Berita Terkait

Atasi Persoalan Air Bersih di Mempawah

MEMPAWAH - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggelar rangkaian safari ramadan 1440 H. Dipimpin Gubernur Kalbar, H Sutarmidji, safari dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Mempawah, Senin (14/5) sore. Kedatangan rombongan pejabat Pemprov Kalbar itu diterima Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH beserta forkopimda.

Tak hanya dihadiri kalangan pejabat Pemprov Kalbar dan Pemerintah Kabupaten Mempawah, safari juga diikuti tokoh masyarakat dan pemuka agama di Kota Mempawah dan sekitarnya. Safari diisi dengan ceramah agama dan penyerahan sejumlah bantuan dari Pemprov Kalbar untuk elemen masyarakat di Kabupaten Mempawah.

“Untuk program safari ramadan 1440 H Pemprov Kalbar pada tahun ini kita bagi dalam dua rombongan. Yakni rombongan yang saya pimpin langsung dan rombongan Wakil Gubernur,” terang Sutarmidji kepada wartawan.

Rombongan yang dipimpin Wagub, Ria Norsan, terang Sutarmidji, melaksanakan rangkaian safari ramadan di sejumlah wilayah. Seperti, Kabupaten Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Sanggau, Sekadau, Bengkayang dan Landak.

“Sedangkan saya sendiri melaksanakan safari di Kota Pontianak, Kubu Raya, Mempawah, Singkawang, Sambas, Ketapang, Kayong Utara. Jadi, kami bagi-bagi tugas dalam kegiatan ini,” ucapnya.

Gubernur mengungkapkan, program safari ramadan ditujuan untuk meningkatkan silaturahim antara Pemprov dengan pemerintah kabupaten/kota beserta elemen masyarakat. Sekaligus melaksanakan sosialisasi berkaitan dengan program strategis pemerintah di masyarakat. “Program pemerintah ini perlu kita sinergikan dengan daerah kabupaten/kota di Provinsi Kalbar. Supaya capaian pembangunan bisa lebih cepat dan maksimal,” pendapatnya.

Misalnya, pejabat yang akrab disapa Bang Midji ini mencontohkan, permasalahan yang dihadapi pemerintah kabupaten/kota seperti yang diutarakan Bupati Mempawah yakni menyangkut sarana air bersih yang belum optimal. Maka kedepan, program ini akan disinergikan bersama agar bisa lebih meningkat.

“Pada tahun 2020 nanti, kita akan coba sinergitaskan program provinsi dengan Kabupaten Mempawah berkenaan masalah air bersih. Sehingga permasalahan air bersih di daerah ini bisa diatasi,” ucapnya.

Jika permasalahan itu bisa diatasi, imbuh dia, maka akan berpengaruh terhadap pemanfaatan air bersih bagi masyarakat di Kalbar. Saat ini, Gubernur mengungkapkan baru terdapay 54 persen masyarakat di Kalbar yang menikmati layanan air bersih. Maka, kedepan harus kita tingkatkan lagi cakupan pelayanan air bersihnya.

“Kalau imteknya Rp 40 miliar, maka pipa juga membutuhkan dana sekitar Rp 40 miliar. Dengan alokasi anggaran itu, maka kita bisa memberikan pelayanan air bersih dengan kapasitas 300 liter/detik. Itu sudah bisa menjangkau 14 ribu rumah tangga. Jika ini berhasil direalisasikan maka peningkatannya cukup signifikan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH menyambut baik pelaksanaan safari ramadan Pemprov Kalbar di Kabupaten Mempawah. Erlina pun mengucapkan terima kasih atas dipilihkan daerah itu sebagai salah satu lokasi pelaksanaan program safari ramadan Pemprov Kalbar.

“Selamat datang di Kabupaten Mempawah. Semoga sambutan yang kami berikan ini dapat mendukung kelancaran pelaksanaan program safari ramadan Pemprov Kalbar 1400 H. Mudah-mudahan kita semua mendapatkan keberkahan dan safaat dari Allah Ta’ala,” ucap Erlina.

Dalam kesempatan itu, Bupati pun melaporkan rangkaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Mempawah selama ramadan 1440 H berlangsung. Diantaranya, pematauan stok dan harga sembako di 9 kecamatan di Kabupaten Mempawah.

“Kami juga melaksanakan program safari ramadan di 9 kecamatan dan di asrama mahasiswa Kabupaten Mempawah di Kota Pontianak yang dimulai sejak hari pertama hingga tanggal 15 Mei,” papar Erlina.

Kemudian, lanjut Erlina, pihaknya juga melaksanakan kegiatan ceramah ramadan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah setiap hari Jumat di Surau Nurussalim, Komplek Kantor Bupati Mempawah. Selanjutnya, buka puasa bersama elemen masyarakat, anak yatim, panti asuhan dan dhuafa.

“Kami juga akan menggelar acara festival sahur-sahur, gema dan festival bedug yang rencananya akan diselenggarakan pada malam lebaran menyambut 1 syawal 1440 H. Terkahir, kami akan melaksanakan open house untuk seluruh pejabat dan masyarakat Kabupaten Mempawah,” tukasnya. (wah)

Berita Terkait