GP Qatar Gagal Maju Sejam

GP Qatar Gagal Maju Sejam

  Minggu, 10 March 2019 09:37

Berita Terkait

LUSAIL-Usaha para pembalap melobi penyelenggara untuk memajukan jadwal balapan GP Qatar satu jam lebih cepat tidak membuahkan hasil. Balapan hari ini tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal. Yakni pukul 20.00 waktu setempat (atau pukul 00.00 WIB).

Sebelumnya, keinginan para rider ini sudah dibawa untuk didiskusikan dalam rapat komite keselamatan Jumat sore lalu. Namun, rapat itu akhirnya memutuskan bahwa sudah terlambat untuk mengubah jadwal. 

Isu yang berkembang menyebut keputusan tidak bisa diubah karena televisi pemilik hak siar keberatan untuk mengubah jadwal. Apalagi, berdasarkan pantauan terakhir pada latihan bebas kedua kemarin, cuaca sirkuit Losail juga dalam kondisi kondusif. 

Saat itu di lintasan tidak terjadi banyak insiden kecuali yang dialami pembalap Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli yang sempat mengalami kecelakaan tunggal di tikungan pertama. “Mereka bilang mungkin baru tahun depan jadwal bisa dikembalikan start pada pukul tujuh malam,” ucap Marc Marquez, pembalap Repsol Honda dilansir Crash.

Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow menjadi salah satu rider yang paling lantang menuntut perubahan jadwal tersebut. Dia menilai cuaca malam hari di Lusail tidak bisa terprediksi. Dapat berubah kapanpun. Jadi menurutnya cuaca baik kemarin tidak bisa menjadi ukuran.

Pembalap asal Inggris tersebut mengatakan, semakin balapan diundur, kemungkinan embun muncul di lintasan semakin tinggi. Dan itu menjadi masalah tersendiri bagi pembalap. “Kalau embun sudah turun, terancam tidak ada yang bisa finis di lintasan. Entah kamu membalap dalam kondisi cepat atau lambat” ucapnya.

Crutchlow menyebut dia cinta dengan balapan malam di GP Qatar. Namun, bagaimanapun keselamatan pembalap seharusnya tetap menjadi prioritas utama.

Duo Repsol Honda Alami Insiden

Sementara dari latihan bebas ketiga (FP3) pembalap Repsol Honda Marc Marquez mempertahankan posisinya sebagai yang tercepat seperti pada FP2. Marquez di FP 3 ini menjadi yang tercepat dengan membukukan catatan waktu 1 menit 54,677 detik. 

Namun, insiden sempat dialami oleh dua pembalap Repsol Honda di FP3 ini. Awalnya rekan setim Marquez, Jorge Lorenzo yang mengalami nasib sial. 

Saat baru memulai FP3 lima menit, pembalap Spanyol tersebut mengalami kecelakaan tunggal di tikungan keenam. Dalam kejadian itu Lorenzo terpelanting.. Di langsung dilarikan ke ruang medis untuk menjalani X-Ray. Untung, pihak Repsol Honda sudah menyebut bahwa Lorenzo tidak mengalami cedera berarti dan dipastikan bisa kembali ke lintasan pada FP 4. 

Di lain sisi, setelah kejadian yang dialamai Lorenzo, Marquez juga sempat tergelincir di tikungan 14. Namun dia bisa kembali ke lintasan setelah 15 menit berselang dan menggunakan motor keduanya. Saat comeback ke lintasan itulah dia lalu mampu mencatatkan raihan waktu terbaiknya di FP3. (irr)

Berita Terkait