Glenn Fredly Menulis Lirik Islami, Syahrini Gandeng Charly

Glenn Fredly Menulis Lirik Islami, Syahrini Gandeng Charly

  Minggu, 5 June 2016 10:17
TAK BERBATAS: Glenn Fredly di acara launching album Hidayah di Kemang. FEDRIK TARIGAN/JAWA POS

Berita Terkait

Ramadan sering dimanfaatkan musisi maupun penyanyi untuk merilis single atau album religi. Hal tersebut sudah diawali Glenn Fredly dan Syahrini. Mereka sudah berbagi cerita tentang karya yang dirilis menyambut bulan suci.

---------

PADA Kamis (2/6) Glenn Fredly, 40, merilis album berjudul Hidayah di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Betul. Glenn memang mengerjakan lagu-lagu bernapas Islam. Dia menjadi produser album tersebut.

Namun, Glenn kan nonmuslim? Iya, pelantun tembang Januari itu paham bahwa ada kemungkinan timbulnya kontroversi. Dia tidak takut. Sebab, menurut Glenn, dirinya sebagai musisi harus bisa berdiri di atas semua golongan. Lagi pula, musik merupakan bahasa universal yang bisa menembus batasan-batasan, termasuk agama. ’’Saya pikir ini juga merupakan fungsi seni dan berkesenian,’’ katanya.

Tidak hanya menjadi produser, Glenn juga terlibat langsung dalam penggarapan lagu sebagai music director dan penulis lirik. Soal menulis lirik lagu Islami, penyanyi berdarah Ambon tersebut punya cerita sendiri. Dia banyak berdiskusi dengan musisi Agus Noor. ’’Untuk istilah-istilahnya, saya juga dibantu Tompi. Sisanya dari hasil bacaan dan diskusi saya dengan teman-teman,’’ jelasnya.

Kenapa tiba-tiba memproduseri album religi, dia menyatakan bahwa proyek itu bukan proyek semalam atau sekadar mengambil keuntungan di bulan puasa. Dia tidak menampik bahwa Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk memperkenalkan album Hidayah ke masyarakat. ’’Niat ada sejak saya memproduseri film Cahaya dari Timur (2014),’’ katanya.

Film berlatar belakang konflik agama itu membuat Glenn berpikir untuk membuat sebuah karya yang bisa ’’mendamaikan’’ konflik tersebut. ’’Cuma masalahnya di waktu. Baru sekarang ini bisa dikerjakan,’’ paparnya.

Mantan kekasih Aura Kasih itu merasa diberkati selama mengerjakan album tersebut. ’’Sebagai musisi, saya jadi makin bisa melihat banyak hal. Yang orang lihat ada barrier, saya lihat indah banget kalau bisa digarap dan dibangun jadi sebuah harmonisasi,’’ tuturnya. Dalam penggarapan album yang berisi 12 lagu itu, dia mengusung tema cross culture. Glenn mengawinkan berbagai genre musik. Mulai pop, soul, R'n B, dan pop rock.

Glenn juga dibantu musisi-musisi lain. Ada Indra Lesmana, Rayendra Sunito, Yance Manusama, Idang Rasjidi, Dennis Talakua, Wizzow, Andre Dinuth, dan Rifka Rachman di belakang layar. Di depan layar, Glenn memasang nama-nama besar seperti Dian Pramana Putra dengan lagu Alfatihah dan Syahadat, Rieka Roeslan dengan lagu Rahasia Ilahi, hingga penyanyi muda Nikita Willy dengan lagu Keyakinan Hati.

Sementara itu, Syahrini, 33, pun akan merilis single religi. Dia menggandeng Charly, mantan personel ST12. Keduanya pernah bekerja sama di lagu Syahrini yang berjudul Sesuatu. Penyanyi yang menyebut dirinya Princess itu ingin mengulang kembali kesuksesan mereka.

Berbeda dengan Glenn yang butuh dua tahun untuk mengerjakan album, Syahrini hanya perlu semalam. Dia meminta dibuatkan lagu oleh Charlie pada Jumat (27/5) dan Sabtu (28/5) sudah jadi. Lagu yang diberi judul I Love You Allah itu jauh dari lirik sedih. ’’Lirik lagunya tetap harus manja ceria dong,’’ katanya ketika ditemui di Sudirman Park, Jakarta Pusat, Rabu (1/6).

Rencananya, lagu tersebut dirilis awal puasa nanti. ’’Ini cara aku bersyukur manja sama Allah,’’ ucapnya centil. (and/glo/c15/jan)

Berita Terkait