Gencarkan Sosialisasi Pemilu ke Masyarakat Adat

Gencarkan Sosialisasi Pemilu ke Masyarakat Adat

  Jumat, 12 April 2019 09:07
AJAK: Masyarakat adat Kecamatan Menjalin mengikuti sosialisasi Pemilu. Sosialisasi mengajak masyarakat mengikuti pesta demokrasi 17 April mendatang. ISTIMEWA

Berita Terkait

Sedikit Berbeda dari Sebelumnya, Ajak Jangan Golput

KPU Landak terus melaksanakan sosialisasi Pemilu, terutama bagi masyarakat di pelosok. Seperti sosialisasi yang dilaksanakan kepada masyarakat adat. Termasuk aturan tentang pemungutan suara di TPS. Sosialisasi contoh surat suara Capres, DPD, DPR RI, Provinsi dan Kabupaten.

Miftahul Khair, LANDAK

PULUHAN masyarakat adat memenuhi rumah adat pagi itu. Para petugas secara bergantian menunjukkan kertas suara kepada warga. Mulai dari kertas suara presiden, hingga DPRD kabupaten. KPU Landak memang terus melaksanakan sosialisasi Pemilu. Terutama bagi masyarakat di pelosok. Seperti sosialisasi yang dilaksanakan kepada masyarakat adat Kecamatan Menjalin, di Rumah Adat Menjalin, Kamis (11/4) lalu.

Puluhan masyarakat adat memenuhi rumah adat pagi itu. Para petugas secara bergantian menunjukkan kertas suara kepada warga. Mulai dari kertas suara presiden, hingga DPRD kabupaten. Komisioner KPU Kabupaten Landak, Mikael menuturkan, pihaknya terus mengajak para tokoh adat untuk menyampaikan kepada masyarakat di Desanya. Dengan harapan masyarakat adat turut hadir dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Kami juga menjelaskan aturan tentang pemungutan suara di TPS dan juga mensosialisasikan contoh surat suara Capres, DPD, DPR RI, Provinsi dan Kabupaten,” kata Mikael.

Di Kabupaten Landak sendiri terdapat 16 partai politik (parpol) yang berlaga pada Pemilu mendatang. Namun 1 parpol tidak mengajukan caleg yaitu Partai Bulan Bintang (PBB). Dengan jumlah total 13.316 orang penyelenggara khusus untuk Kabupaten Landak.

Masih dari Mikael, Menjalin masuk ke dalam daerah pemilihan tiga bersama dua kecamatan lain, yakni Mempawah Hulu dan Sompak. Terdapat tujuh kuota kursi di DPRD Kabupaten yang diperebutkan. 51 orang memperebutkan 7 kursi DPRD Kabupaten dan sedangkan total 381 orang Caleg DPRD Kabupaten Landak memperebutkan 35 kursi. 

Juga untuk mengajak masyarakat menjadi pemilih yang cerdas dengan datang ke TPS untuk memberikan suaranya dengan baik dan benar. 

“Sehingga tingkat partisipasi pemilih tinggi,” katanya.

Sosialisasi juga dihadiri personel Polsek Menjalin, Kanit Intel Bripka Wiwi Wijanarko. Dalam kesempatan tersebut, ia turut menghimbau kepada Warga melalui Para Tokoh Adat agar Masyarakat tidak golput pada hari pemungutan suara. 

“Dan juga mengajak Masyarakat untuk membantu Polri dalam rangka menghadapi Pemilu Pileg dan Pilpres yang akan dilaksanakan hari Rabu Tanggal 17 April 2019 sehingga bisa berjalan aman dan kondusif,” ungkapnya.

Pencoblosan kali ini akan lebih lama dari yang sudah-sudah. Setidaknya di bilik suara, hal ini karena pemilu digelar serentak pemilu legislatif dan pemilu presiden. Praktis, (*) 

Berita Terkait