Gelato, 40 Rasa Khas Italia

Gelato, 40 Rasa Khas Italia

  Kamis, 6 December 2018 11:44

Berita Terkait

Es krim menjadi favorit di tengah cuaca panas Kota Pontianak. Kini, tak hanya es krim, gelato juga bisa menjadi pilihan dan banyak disukai. Gelato yang berasal asal Italia ini memiliki tekstur halus dan rasa susu yang lebih creamy.

Oleh : Ghea Lidyaza Safitri

Dalam bahasa Italia, gelato adalah es krim. Namun, dalam konteks kuliner, gelato berkembang menjadi jenis es krim yang diolah sesuai tradisi orang Italia. Rasa yang ditawarkan pun berbeda. Begitu pula proses pembuatan dan bahan-bahannya. Gelato identik dengan fat dan sugar yang lebih rendah dibandingkan es krim.

Meski terasa lebih padat, tekstur gelato jauh lebih halus dengan rasa susu yang kuat. Rasa gelato tak terlalu manis dan lebih bersahabat. Owner Ilmio Gelatoo Ardhi Wijaya Putra & Lyanrani Limika, menuturkan dalam proses pengolahannya, gelato diaduk dengan kecepatan pelan dan dibekukan pada suhu minus 16 derajat celcius. 

“Sedikit lebih panas, dibandingkan es krim yang proses membekunya mencapai minus 20 derajat celcius.  Suhu yang lebih panas ini membuat gelato tak tahan lama dan mudah cair,” ujar Lyan.  

Ardhi menambahkan ada 40 varian rasa (terbagi atas gelato dan sorbet), mulai dari vanilla, chocolate, matcha, mint, coconut, dan black sesame.  Lemon cream, banana, salted caramel, pistachio, taro, dan caramel. Thai tea, fanta, dan coffee. Cookies n cream, snicker, tiramisu, cheesecake, dan milo brownies. Serta, cinnamon, yogurt, mango yogurt, jasmine Chiffon, dan lainnya. Penyajian pun dilakukan dalam empat jenis, yakni cup (small dan regular), cone, cone waffle cup, dan take away. 

Gelato disajikan tanpa topping. Sebab, dianggap kurang pas saat dipadukan dengan varian rasa gelato. Terkecuali untuk beberapa rasa gelato, topping langsung dicampurkan di dalamnya. Misalnya, gelato cookies n cream. Di dalamnya ditambahkan remahan biskuit dengan krim vanila. Begitu pula untuk varian gelato choco banana. 

“Namun, tak menutup kemungkinan akan memvariasikan topping berupa potongan buah segar untuk varian gelato lainnya, misalnya yogurt,” jelasnya. **

 

 

 

Berita Terkait