Gelar Pelatihan Imam Masjid Se Pontianak dan Sekitarnya

Gelar Pelatihan Imam Masjid Se Pontianak dan Sekitarnya

  Minggu, 9 December 2018 17:23
PELATIHAN : 106 Imam Se Pontianak dan sekitarnya mengikuti pelatihan imam masjid di Masjid Raya Mujahidin Kalbar.

Berita Terkait

Unit Pengumpulan Zakat Masjid Raya Mujahidin Pontianak bekerjasama dengan Yayasan Mujahidin Kalbar menyelenggarakan pelatihan khusus imam shalat masjid dan mushala se Pontianak dan sekitarnya. 
Pelatihan yang berlangsung dua hari, dari 6-7 Desember itu diikuti lebih kurang 106 Imam yang telah mendapatkan rekomendasi dari pengurus masjid. Pelatihan berlangsung di Aula Serba Guna  Masjid Raya Mujahidin Kalimantan Barat. 

Ada lima materi yang disampaikan kepada peserta yang disampaikan oleh lima ustaz. Diantaranya, tentang dalil-dalil dalam shalat yang disampaikan Ustaz Mubarak, tentang kriteria imam oleh Ustaz Harjani Hefni, kayfiyah imam shalat oleh Ustaz Nasution Usman, Ustaz Syahbandi A Rahman tentang ilmu tajwid dalam imam shalat, dan terakhir ada simulasi atau praktik dari beberapa peserta. Masing-masing materi diberikan selama dua setengah jam. Tidak hanya materi saja, tetapi juga diselingi dengan diskusi sehingga peserta bisa menanyakan hal-hal yang belum dipahami.  

Peranan seorang Imam, sangatlah penting bagi keberlangsungan shalat berjemaah di masjid ataupun di mushala. Imam shalat hendaknya  baik dan benar dalam saat memimpin shalat, mulai dari bacaan hingga gerakan shalat. Alasan ini pula, pihak penyelenggara menggelar kegiatan ini. Tujuannya agar seorang imam tidak hanya sekadar ditunjuk saja, tetapi memiliki kemampuan, pemahaman sebagai seorang imam. Terpenting tahu akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin dalam shalat. 

Nasution Usman, Ketua Panitia Penyelenggara mengatakan antusias peserta cukup tinggi. Bahkan, ada beberapa peserta dari luar Pontianak seperti Batu Ampar, hingga Mempawah yang mendaftar. “Melebihi target peserta. Antusiasnya cukup itu, ini menunjukkan kalau mereka memang butuh,” paparnya.

Selain untuk mempererat silaturahim, Nasution Usman mengatakan pelatihan ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas imam. Bahkan dia berharap, pembekalan yang diberikan dapat diaplikasikan dan disebarkan kembali. “Bahkan bila perlu peserta juga melakukan pelatihan serupa di wilayah masing-masing,” katanya.

Nasution pun menilai, peserta juga aktif dalam mengikuti pelatihan ini sehingga berjalan maksimal. Semua rangkaian materi pelatihan yang disampaikan narasumber disimak dengan tekun dan hikmat. “Pelatihan ini kan dibutuhkan bagi para imam. Makanya peserta juga aktif dalam pelatihan ini,” pungkasnya. (mrd)

Berita Terkait