Gelar Deklarasi Bersama Pascapemilu

Gelar Deklarasi Bersama Pascapemilu

  Selasa, 21 May 2019 11:45
DEKLARASI BERSAMA: Deklarasi bersama yang dibacakan sejumlah komponen masyarakat dalam acara buka puasa bersama Pemerintah Kabupaten Ketapang, yang digelar di Pendopo Bupati Ketapang, kemarin.

Berita Terkait

Buka Bersama Pemkab dan Komponen Masyarakat

 KETAPANG – Sejumlah tokoh masyarakat di Kabupaten Ketapang menggelar deklarasi bersama. Deklarasi bersama tersebut dibacakan menyongsong pelaksanaan buka puasa bersama yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang di Pendopo Bupati Ketapang, kemarin.

Deklarasi bersama tersebut berisikan komitmen menjaga kondusifnya Ketapang pascapemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI. Deklarasi tersebut dibacakan usai sambutan Bupati Ketapang Martin Rantan. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kabupaten Ketapang, atas kontribusinya dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang rukun dan damai. Sehingga, menurutnya, pada pesta demokrasi beberapa waktu lalu dapat berjalan dengan lancar dan aman. Dikatakanya, beda pilihan adalah suatu yang wajar, tetapi persaudaraan harus selalu kita ke depankan. “Mari kita tetap menjaga  kerukunan yang sudah kita bina selama ini, serta tetap waspada terhadap berbagai ancaman yang dapat mengganggu indahnya kebersamaan kita,” tuntasnya seraya menutup sambutannya dengan beberapa pantun.

Silaturahmi dan buka puasa bersama Ramadan 1440 H/2019 Pemkab Ketapang dan komponen masyarakat tersebut mengusung tema Betapa Indahnya Hidup dalam Kebersamaan. Selain dihadiri Bupati, juga dihadiri Wakil Bupati Suprapto S, Dandim 1203 Ketapang, Kapolres Ketapang, bersama Forkopimda, para kepala OPD, dan tokoh masyarakat Ketapang.

Dandim Letkol (Kav) Jami’an menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat, yang mana seluruh rangkaian Pemilu Legislatif dan Pilpres berjalan lancar dan damai di Kabupaten Ketapang. Ia mengajak seluruh masyarakat mempertahankan kondusif Kabupaten Ketapang yang selama ini sudah berlangsung sejuk dan aman. Dandim menyebut Pemilu yang berlangsung lebih dari seribuan TPS di Kabupaten Ketapang, sudah berjalan dengan aman. Hanya saja, salah satu TPS di Kecamatan Hulu Sungai yang tak dipungkiri dia, terpaksa melakukan penghitungan suara ulang (PSU), namun tetap berjalan aman. Disebutkannya dari 380-an DPT di Kabupaten Ketapang sudah melaksanakan Pemilu dengan aman. Terkait dengan paskapemilu ia menekankan pentingnya kita menumbuhkan kebersamaan dan persatuan. “Walaupun dalam pemilu kita berbeda pilihan, namun usai Pemilu kita diajak bersama-sama menciptakan Ketapang yang solid dan sejuk. Jangan mudah terpancing dan terpengaruh dengan ajakan untuk memecah persatuan dan kesatuan,” ajak Dandim.

Dandim menyebutkan, jika melihat kondisi politik secara nasional, tak dipungkiri sudah mulai memanas. Saat ini, diakui dia, masyarakat memang sangat dekat dengan teknologi handphone. Kondisi politik saat ini, menurut dia, juga tidak dipisahkan mudahnya penyebaran berita yang tidak jelas melalui handphone, yaitu media sosial. Berita hoaks ini, disinyalir dia, tentunya dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang berniat memecah bangsa. Karena itu, ia mengajak semua pihak untuk cerdas menyaring informasi. Dia berpesan agar tak mudah terpancing ajakan jihad. Jihad yang terbesar, ditegaskan dia, sesungguhnya adalah melawan hawa nafsu. “Yakinlah, siapapun yang nantinya menjadi pemimpin kita adalah sudah kehendak Allah SWT. Semoga Ketapang menjadi daerah yang selalu sejuk,” cetusnya.

Selanjutnya Kapolres Ketapang, AKBP Yuri Hidayat, menambahkan, dalam pelaksanaan Pemilu 2019  tidak ada caleg yang bermasalah, apa lagi dilaporkan sampai mengalami gangguan kejiwaan. Dari laporan yang mereka tangani, hanya diketahui ada dua perkara di mana ada pemilih mencoblos sampai dua kali. Ia berharap semua tahapan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Ketapang tetap aman dan tertib. “Terima kasih kepada Bupati, Wakil Bupati, dan Pak Sekda yang selalu berkomunikasi dengan kami memastikan Ketapang selalu dalam kondisi aman,” ucap Kapolres.

Ia menyebutkan kondusifnya Ketapang selama ini tidak lepas dari peran semua pihak. Selama ini, pihak Polres selalu berusaha memberikan imbauan kantibmas dan selalu diterima lapisan masyarakat. Ia menyebutkan dari pemantauan mereka selama ini, tidak ajakan kemasyarakat untuk melakukan provokasi. Selain itu, ia juga menyebutkan dalam hal pelayanan Polres, pihaknya telah me-launching pelayanan kepolisian yang berbasis internet. Pelayanan melalui digital melayani atau dilan tersebut, diluncurkan mereka, agar masyarakat bisa mengakses pelayanan SIM, pelayanan surat keterangan, dan lain-lain melalui internet. Selanjutnya pelayanan melalui internet tersebut, dapat di-print di Polres dalam hal melakukan register. ”Semoga Ketapang tetap aman, dalam mendukung visi misi Pemerintah daerah mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera,” ucapnya. (PK)

Berita Terkait