Gali Potensi Sungai, Buat Paket Wisata Bike Tour

Gali Potensi Sungai, Buat Paket Wisata Bike Tour

  Rabu, 31 January 2018 14:50
WISMAN : Wisatawan Mancanegara saat menikmati paket perjalanan wisata dengan bersepeda di tepian sungai Kapuas. SITI SULBIYAH/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Melihat Potensi Wisata Sungai Kapuas

Sungai Kapuas barangkali menjadi anugerah indah dari Tuhan untuk warga Kota Pontianak. Ada banyak potensi yang bisa dimanfaatkan oleh warga Pontianak, termasuklah pariwisata. Salah satunya melalui paket wisata menyusuri sungai Kapuas dengan sepeda.

Siti Sulbiyah, PONTIANAK

ADALAH Herfin Yulianto, yang menggagas wisata menyusuri sungai kapuas dengan sepeda atau wisata bike tour Pontianak. Kekhasan sungai Kapuas yang hanya dimiliki oleh Kota Pontianak, menjadikan potensi wisata alam ini sangat besar. "Potensi yang besar di Pontianak ini adalah sungai, sebab lokasinya tepat membelah kota," ungkapnya, Selasa (30/1).

Namun potensi ini dirasa belum maksimal. Berwisata mengelilingi kota yang lazimnya menggunakan bus wisata atau kendaraan roda empat, dinilai belum maksimal mengeksplor sungai kebanggaan Kalimantan Barat itu. 

"Kita cari solusi bagaimana mencari potensi yang bisa merasakan fell-nya. Biasanya tour pakai bis pariwisata, itu ada kendala banyak spot yang yang tidak tersentuh, sebab karakter tepi sungai tidak bisa dimasuki oleh mobil. Jika pakai motor rasanyakurang menarik," katanya.

Lalu muncul di kepalanya ide untuk mengeksplor sungai kapuas dengan menyusuri tour tepiannya menggunakan sepeda.  Diyakini dengan cara ini, titik-titik menarik yang tersebar di sepanjang sungai Kapuas, dapat terjamah. "Sehingga saya berpikir bagaimana menjangkau spot yang unik. Akhirnya saya putuskan coba wisata pakai sepeda menyusuri sungai Kapuas," tuturnya. 

Keputusannya itu, bukannya tanpa perencanaan yang matang. Sebab, jauh-jauh sebelum itu, dia telah melakukan survei di lapangan menyusuri sepanjang sungai Kapuas di Kota Pontianak. Alhasil, didapatlah 22 titik lokasi bersepeda yang menarik di tepian sungai kapuas, baik di sisi kota maupun sisi seberang (Siantan).

"Sebelumnya saya pernah lakukan riset lapangan untuk menemukan sejumlah jalur wisata sepeda di sungai Kapuas selama sembilan bulan. Lalu saya temukan 22 titik bersepeda yang menarik di tepian sungai kapuas," imbuhnya.

Beberapa titik wisata tersebut diantaranya, Taman Nostalgia Park, menyeberang sunagi kapuas dengan pelampung, menaiki Kapal Bandong, menyusuri Waterfront.di kampung Kamboja, Kampung Tambelan Sampit, Istana Kadriah, Masjid Jami, serta titik-titik lainnya. Seluruh rute, akan selesai dalam jangka waktu enam jam. “Wisatawan dapat memilih, paket wisata perjalanan di pagi hari atau di sore hari,” katanya.

Selama sembilan bulan itu pula, dia berinteraksi dengan masyarakat tepi sungai, sembari menggali kekhasan masyarakay di lokasi-lokasi tersebut. Juga menjadi salah satu upayanya untuk mengenalkan waisata sepeda kepada masyarakat. 

Segmentasi pasar untuk wisata ini diakui oleh Herfin, bukanlah orang-orang lokal, melainkan wisatawan luar Kalbar dan mancanegara. Beberapa wisatawan mancanegara yang pernah dia layani berasal dari Belanda, Slovenia, Australia, Jepang, Prancis, Malaysia dan berbagai negara lainnya. "Sejauh ini program promosi yang saya lakukan berhasil," katanya.

Meski menurutnya belum terlalu banyak, namun trennya cukup baik. Dalam sebulannya, rata-rata  ada sekitar 9-15 tamu asing yang menggunakan jasa wisata sepeda miliknya. Strategi promosi yang dilakukan diantaranya melalui website, serta exhibition keluar negeri sekaligus melakukan promosi. 

Di samping itu diakuinya sejumlah wisman yang telah datang sebelumnya turut membagikan cerita ke wisman lainnya. "Mereka yang sudah pernah ikut sepeda touring, turut memberikan rekomendasi yang baik terhadap wisata sepeda ini," pungkasnya.(*)

Berita Terkait