Fun Way To Learn English

Fun Way To Learn English

  Kamis, 31 May 2018 10:00

Berita Terkait

Keberadaan YouTube tak lagi hanya digunakan untuk berbagi dan menonton beragam video konyol. Kini ada banyak video gratis seperti vlog yang dibagikan oleh guru bahasa Inggris untuk belajar. Salah satunya adalah channel YouTube Riours Official milik Rio Riyandani.

Aktif membuat vlog for English learners sejak tahun 2016. Bermula dari iseng-iseng membuat project video bersama murid-muridnya. Cowok yang kerap disapa sir Rio ini malah jadi kecanduan. Tercatat hingga kini terdapat 10 video yang diberi judul #WouldYouLearnEnglish? dan belasan vlog for English learners.

“Saya banyak melibatkan anak didik dalam proses pembuatan vlog. Mereka sangat excited waktu saya ajak pergi ke suatu restaurant. Kemudian di sana saya meminta mereka untuk menjelaskan makanan yang mereka pesan dalam bahasa Inggris. Jadi, selain murid saya praktik Inggris di luar kelas, saya juga punya bentuk nyata berupa video yang bisa jadi media pembelajaran buat nanti ketika saya berada di dalam kelas,” jelas guru English First ini.

Format pembelajaran yang dipilih oleh lulusan FKIP Untan prodi Bahasa Inggris ini adalah real life situations. That’s the reason why vlog ini memberikan kita pengalaman menyenangkan dalam mempelajari bahasa Inggris. Meskipun beberapa videonya pendek namun isinya padat dan jelas.

Kalau kamu merasa membaca buku atau belajar bahasa Inggris di kelas adalah hal yang membosankan. Menonton vlog belajar bahasa Inggris bisa menjadi solusi. Coba berlangganan dengan beberapa channel Youtube yang aktif menyebarkan ilmu bahasa Inggris.

Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris lewat vlog, carilah yang menyertakan subtitle dalam video sehingga akan mempermudah kamu memahami lebih cepat. Jika menemukan kata-kata baru dalam vlog, catat dan carilah maknanya. Perhatikan ekspresi dan cara pengucapan kata yang tepat.

“Masih mau bilang belajar bahasa Inggris itu susah? Mulai sekarang tepis stigma burukmu, niatkan dalam hati dan buat planning belajar sesuai dengan tips jitu saya. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari metode belajar yang kamu senangi,” ujar Rio.

Pada dasarnya kita memiliki ketertarikan belajar yang berbeda. Ada yang lebih suka membaca atau cepat paham dengan mendengarkan. Ada pula yang lebih suka menirukan gurunya. Ketika kamu sudah tahu ketertarikan dalam cara belajarmu maka kamu bisa menyesuaikannya.

“Misalnya kamu lebih cepat paham dengan mendengarkan musik, lakukanlah secara rutin. Temukan kata-kata baru dan maknanya. Jika dalam satu minggu, kamu sudah paham makna satu lagu. Bayangkan jika kamu melakukannya dalam setahun?” tambah Rio.

Kedua, setelah kamu banyak mengetahui vocab kamu harus melatihnya dengan praktik. Entah itu praktik berbicara, menulis atau membaca dalam bahasa Inggris. Praktik ini penting guys! Tips selanjutnya kamu cari teman yang juga sportif dan aktif. Jadi, kamu bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris secara dua arah.

‘Nggak ah! Takut dibilang sok pinter nih.’ Stop it! Belajar bahasa Inggris bukanlah hal yang memalukan atau suatu hal yang hebat. Inggris adalah kebutuhan. “Dulu saya sering diberikan tatapan sinis oleh orang di sekitar saya akibat berbicara bahasa Inggris di lingkungan umum. Take it slow, namanya juga belajar jadi jangan takut. PD saja tapi jangan keterlaluan percaya dirinya nanti malah terkesan sombong. Selamat mencoba!” pungkas cowok kelahiran 16 Febuari 1990 ini. (dee)

 

Berita Terkait