FSS 2016 Perebutkan Total Hadiah Rp 78 Juta

FSS 2016 Perebutkan Total Hadiah Rp 78 Juta

  Sabtu, 18 June 2016 10:34
MENPORA: FSS 2015 lalu yang dihadiri Menpora, Imam Nahrowi. ISTIMEWA

Berita Terkait

MEMPAWAH – Pemerintah Kabupaten Mempawah kembali menggelar Festival Sahur-Sahur (FSS) ke-XIV tahun 2016 pada 24-25 Juni 2016 mendatang. FSS yang akan diselenggarakan Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata ini memperebutkan Piala Bergilir Bupati Mempawah dengan total hadiah uang tunai Rp 78 juta.

Bupati Ria Norsan menerangkan, FSS merupakan satu di antara agenda rutin yang dilaksanakan jajaranya pada bulan ramadhan. Tujuannya, sebagai upaya melestarikan tradisi membangunkan makan sahur dikalangan masyarakat Mempawah yang sudah ada secara turun-temurun.

“Kita berharap di tahun ke-14 festival sahur-sahur ini akan lebih menarik dan kreatif. Panitia dan instansi terkait yang membidangi harus menjaga koordinasi dan bersinergi untuk menghasilkan suatu tontonan yang menarik bagi masyarakat,” ujarnya, Jumat (17/6) di Mempawah.

Selain melestarikan tradisi, sambung Norsan, penyelenggaraan FSS sekaligus menjadi hiburan bagi masyarakat, bahkan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kota Mempawah.

“Mudah-mudahan FSS tahun 2016 ini semakin semarak dan meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Serta memberikan nilai edukasi dan hiburan bagi masyarakat baik di Mempawah maupun daerah lainnya,” harapnya.

Pelaksana FSS, Dewo Dirgantara, menyebut pihaknya terus mengevaluasi penyelenggaraan FSS di setiap tahunnya. Hal tersebut demi kesempurnaan kegiatan. Mulai tahun 2015 lalu, dia mencontohkan, penentuan pemenang ditentukan melalui dua babak, yakni penyisihan dan final.

“Setiap kategori akan diambil 12 regu yang akan tampil di babak final. Mereka yang masuk final akan tampil di atas pentas dan menunjukan kreativitasnya dalam memainkan alat-alat tanpa nada sehingga menghasilkan karya yang berkualitas. Nah, peserta dengan karya terbaiklah yang akan tampil sebagai pemenang,” tuturnya.

Menurut dia, dalam perjalanannya FSS kini berkembang menjadi salah satu ikon Kabupaten Mempawah. Dari 14 kabupaten/kota di Kalimantan Barat, ia menyebut hanya Mempawah yang menggelar kegiatan tersebut. Gengsi FSS, Dewo melanjutkan, juga meningkat pesat setelah di tahun 2015 lalu dihadiri langsung Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrowi.

“Karena itu kami bertekad untuk terus meningkatkan kinerja sehingga mampu menyuguhkan suatu tontonan yang menarik dan memiliki nilai edukasi. Ke depan kita akan mengemas FSS dengan lebih baik dan penuh kreativitas. Semaksimal mungkin FSS akan menyajikan tontonan yang bermutu dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Mempawah,” tegasnya.(wah)

Berita Terkait