Force India Bangkrut

Force India Bangkrut

  Minggu, 29 July 2018 09:51

Berita Terkait

LONDON--Penyebab anjloknya performa Force India musim ini terungkap sudah. Masalah finansial yang membelit tim asal Silverstone, Inggris tersebut akhirnya berujung pada kebangkrutan. Pengadilan tinggi di London menyatakan tim telah gagal memenuhi biaya operasional setelah seorang pembalapnya Sergio Perez serta investor lain menggungat.

Perez menyatakan bahwa kondisi tim memasuki masa kritis Kamis lalu. Khususnya karena tim sudah tak mampu lagi membiayai pengembangan mobil hingga setengah musim berjalan. Tim berhutang ke sejumlah kreditor, termasuki di antaranya Mercedes yang memasok mesin dan girboks. Juga kepada manajemen Perez sendiri. Nah, kedua pihak itu pula yang mengajukan gugatan ke pengadilan Inggris. 

Force India dikabarkan telah menunggak EUR 10,5 juta kepada Mercedes. Sedangkan BWT, sebuah perusahaan teknologi pengolahan air, yang menjadi sponsor utama Force India menyatakan bahwa investasi mereka juga berbentuk piutang. ''Sebuah lembaga administrator telah ditunjuk oleh pengadilan untuk Force India malam ini (Jumat),'' terang Deputi Team Principal Bob Fernley. 

Sejumlah pembeli dan investor potensial telah disebut-sebut sudah melakukan negosiasi dalam beberapa bulan terakhir. Yang paling santer adalah Lawrence Stroll, ayah pembalap Williams-Mercedes Lance Stroll. ''Mudah-mudahan kabar itu akan datang secepatnya,'' ujar COO Force India Otmar Szafnauer. 

Pemegang saham utama dan team principal Force India Vijay Mallya bersikeras bahwa pihaknya tidak terlalu berminat untuk menjual tim. Tapi akan mempertimbangkan jika ada penawaran serius. Walau demikian, awal bulan ini dia menegaskan belum ada penawar yang pas. 

''Jika seseorang datang dengan penawaran besar dan nilai yang bagus, aku harus mengesampingkan emosiku. Tapi sebelum aku melihat sendiri uang tunai di atas meja, aku tidak akan percaya,'' ucapnya. Mallya sendiri sedang menghadapi ancaman deportasi dari pemerintah India karena kasus pencucian uang. Dia tidak bisa leluasa bergerak atau keluar Inggris saat ini terkait kasus tersebut.

Force India akan tetap menyelesaikan rangkaian balapan GP Hungaria akhir pekan ini. Setelah itu mereka akan punya waktu sekitar sebulan untuk mendapatkan investor baru agar bisa melanjutkan balapan di paro kedua musim 2018. GP Hungaria adalah balapan terakhir sebelum jedah musim panas.  (cak)

Berita Terkait