FOBI Kalbar Kirim Betharia Halim Ikuti Pelatihan Juri Internasional

FOBI Kalbar Kirim Betharia Halim Ikuti Pelatihan Juri Internasional

  Minggu, 2 December 2018 13:12

Berita Terkait

FEDERASI Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kalbar terus berupaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) para juri, pelatih dan atlet. Setelah mengikutkan atlet pada Kejurnas Barongsai di Padang dan Surabaya serta kejuaraan internasional di Bintulu, Malaysia, kini mengirimkan pelatih mengikuti pelatihan juri internasional di Kuala Lumpur.

Ketua FOBI Kalbar Sugioto mengungkapkan Kalbar patut bersyukur. Salah seorang juri Barongsai Kalbar, Betharia Halim, berhasil mendapatkan tiket untuk bisa berlatih menjadi juri internasional.

“Tak mudah bagi seorang juri untuk bisa mengikuti pelatihan juri internasional. Harus punya syarat tertentu. Baik pengalaman maupun nilai dalam beberapa kali latihan,” ujar pria yang akrab dipanggil Rico ini.

Dijelaskannya, ketertarikan Betharia Halim sudah sejak lama. Bermain barongsai sudah menjadi hobinya sejak kecil. Tak puas dengan permainan Barongsai, Betharia Halim mencoba untuk belajar menjadi pelatih dan juri. Niatnya itu diwujudkan saat FOBI Kalbar bersama FOBI Pusat menggelar pelatihan juri dan pelatih nasional pada Agustus 2018 lalu.

Betharia Halim merupakan satu-satunya perempuan dari 40 peserta yang mengikuti latihan. Kegiatan yang digelar di Markas Pemadam Kebakaran Panca Bhakti, Pontianak waktu itu, dia meraih nilai tertinggi. FOBI Pusat melihat kelibihan wanita kelahiran Pontianak ini. Saat kejuaraan Barongsai Surabaya Cup X, Betharia Halim diminta ketua panitia untuk bisa hadir.

Dipaparkan Rico, sepulang dari Surabaya, Betharia Halim diminta bergabung mengikuti seminar juri seluruh Indonesia pada bulan Oktober. “Terakhir beliau berhasil masuk kedalam juri nasional dalam kurun waktu tidak lebih dari tiga bulan,” para Rico.

Kemampuan Betharia Halim juga tidak lepas perhatian pelatih juri internasional dari Malaysia. Mr. Siow Ho Piu (Sifu) dari Kuala Lumpur, Malaysia, menaruh harapan dan berkeinginan memberikan bekal ilmu permainan Barongsai serta tata cara penilaian Barongsai kepada Betharia. Dia diundang khusus untuk bisa hadir di Kuala Lumpur.

Minggu (2/12) pagi, Betharia Halim bertolak ke Kuala Lumpur dari Bandara Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie - Supadio Pontianak.  Pembekalan di Malayasia selama dua minggu. Dengan mendapatkan bekal pelatihan, lanjut Rico, pihaknya beharap bisa masuk ke juri internasional dan menjadi kebanggaan FOBI Kalbar.

Selama dua minggu di Malaysia, semua akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh Mr. Siow Ho Piu (Sifu). Fobi Kalbar berupaya agar Betharia Halim satu-satunya putri daerah yang mewakili Kalbar di kancah nasional. “Kita berharap kedepan dapat masuk dalam jajaran juri internasional,” jelas Rico.**

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Liputan Khusus: 

Berita Terkait