Festival Musik Sahur, Bisa Jadi Ikon Daerah

Festival Musik Sahur, Bisa Jadi Ikon Daerah

  Jumat, 31 May 2019 09:55
JADI IKON: Aksi salah satu grup dalam Musik Sahur. Rutinitas akan bisa jadi ikon daerah. SUGENG/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Wadah Kreasi Anak Muda Saat Ramadan

Rutinitas tahunan ini menjadi menarik tatkala digarap menyeluruh. Menjadi ikon daerah malah. Warisan terdahulu. Membunyikan sesuatu, untuk membangunkan warga sahur. Suara kentongan, yang diarak keliling kampong menjadi tradisi. Namun, terkini, hal tersebut digarap lebih tertata. Musiknya lebih menonjol.

Sugeng, SANGGAU

MALAH Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengapresiasi kegiatan Festival Musik Sahur yang digagas Kepolisian Resor Sanggau. Bila dilakukan rutin, pasti dapat menjadi wadah berkreasi bagi generasi muda di Bumi Dara Nante kedepannya.

 “Kegiatan ini merupakan upaya mengarahkan generasi  muda untuk berbuat hal yang positif. Budaya membangunkan orang sahur merupakan tradisi sejak zaman dahulu kala yang mesti dilestarikan agar bisa terus disaksikan sebagai tradisi yang turun temurun,” jelasnya belum lama ini.

Bila dilakukan biasa saja maka tidak akan menarik. Tetapi bila dilakukan dengan inovasi-inovasi dan kreativitas akan memunculkan suasana seni yang dapat menjadi potensi budaya yang mengakar dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di Kabupaten Sanggau.

 “Perlu kita lestarikan semua ini dengan corak yang sedikit berbeda atau inovasi-inovasi sebagaimana yang dilaksanakan pertama kali tahun ini. Pemerintah daerah justru mendunkung kreativitas semacam ini,” ungkapnya.

 “Jadi bagaimana kita mengangkat budaya yang masih terpendam untuk dilestarikan. Saya rasa masih banyak yang belum naik kepermukaan,  untuk itu perlu pemikiran dan dedikasi bagaimana menggali nilai-nilai sejarah dan budaya itu,” katanya. 

Orang nomor dua di Sanggau itu bahkan takjub dengan bahan-bahan bekas yang digunakan seperti jeriken, kaleng bekas, alat masak dan bambu. “Ini kan luar biasa. Barang bekas bisa untuk kreativitas. Itu tandanya generasi muda di Sanggau punya potensi kreatif yang sangat besar,” ujarnya. (*)    
 

Berita Terkait