Festival Durian Sedahan Jaya, Angkat Potensi Desa Lainnya

Festival Durian Sedahan Jaya, Angkat Potensi Desa Lainnya

  Senin, 24 December 2018 10:46
Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad, Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara Hilariya Yusnani, Kepala Desa Sedahan Jaya Naza Nadira, Waka Polres Kayong Utara Kompol Haryanto pada pembukaan festival durian di Desa Sedahan Jaya. DANANG PRASETYO / PONTIANAK POST.

Berita Terkait

SUKADANA- Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad, mengapresiasi Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, dengan telah dihelatnya festival durian yang digagas sejak 2015. 

“Ini sudah ke empat kalinya. Saya berharap tahun depan dapat dilaksanakan lebih meriah lagi. Kita juga berharap ada utusan dari pemerintah Provinsi dapat hadir pada fetival durian ini,” terang Wakil Bupati Kayong Utara, Jumat (21/12) di Desa Sedahan Jaya usai membuka secara resmi kegiatan Festival Durian.

Menurut Wabub, Desa lain yang ada di Kabupaten Kayong Utara bisa saja melakukan inovasi apa saja, salah satu contoh apa yang telah dilakukan oleh pihak Desa Sedahan Jaya ini.  Karena, menurut Wabub ini merupakan salah satu pola pikir manusia dan hukumnya mubah-mubah saja.

 “Artinya ini merupakan sebagai daerah yang terus berkembang. Kita berharap seluruh stakeholder yang ada, dapat mengembangkan potensinya masing-masing. Sedahan Jaya sudah mulai dengan festival durian. Kita belum tahu, desa-desa lain mugkin bisa menggelar festival apa lagi. Silahkan dikreasikan. Para perangkat yang ada untuk melakukan inovasi, baik itu budaya, kearifan lokal di masing-masing desa,” imbuhnya.

Selain itu, ia menyarankan kepada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kayong Utara dapat berperan besar dalam hal ini. Apa lagi, sambung Wabub di Desa Sedahan Jaya sudah ada wisata rumah pohon . Hal itu tentu tidak lepas dari peran serta pihak Dinas Pariwisata.

 “Kita berharap festival durian ini menjadi ikon di Kabupaten Kayong Utara. Ke depan harus lebih wah. Sosialisasi dan promosinya harus lebih baik lagi,” saran Effendi Ahmad.

Sementara, Kepala Desa (Kedes) Sedahan Jaya Naza Nadira mengatakan, ini salah satu langkah desa untuk lebih proaktif. Karena sambung Naza, dengan kerjasama yang baik, maka kegiatan tersebut berjalan dengan baik pula.

"Kegiatan ini yang dapat kami tawarkan kepada Dinas Pariwisata. Karena kita memiliki potensi. Nah potensi ini yang harus kita kembangkan, pendekatan lobi salah satunya agro wisata ini. Termaksud kegiatan festival durian yang telah kita laksanakan sejak tahun 2015 lalu," sambung sang Kades.

Untuk itu, sambung dia, Dinas pariwisata dapat mengembangkan potensi ini, sehingga lebih membawa kemajuan Kabupaten Kayong Utara. Tidak kalah dengan potensi daerah lainnya.  

Kedepannya dengan harapan dimana Desa-desa yang memiliki potensi bisa dikembangkan. Bagi desa-desa yang dapat dikembangkan ada seperti mitra kerjasama, antara desa satu dan desa lain yang ada di Kayong Utara. 

Inilah yang akan dibangun. Untuk desa Sedahan Jaya ini agro wisata, misalnya di Desa Pangkalan Buton ada wisata Air Paoh, atau bisa kegiatan lainnya. Ini bisa dikembangkan. Tidak dikembangkan di Sedahan Jaya saja,” tutupnya. (dan)

Berita Terkait