Festival Durian Borneo Tawarkan Even Luar Biasa

Festival Durian Borneo Tawarkan Even Luar Biasa

  Kamis, 6 December 2018 11:25

Berita Terkait

Pagelaran durian terbesar di Kalimantan akan hadir pada awal tahun depan. Even bernama Festival Durian Borneo yang diadakan di Desa Punggur Kabupaten Kubu Raya  pada 12-13 Januari 2019 ini diadakan Komunitas Kalbar Berkebun bekerjasama dengan Pontinak Post, akan menghadirkan berbagai macam acara, seperti; kirab durian, pesta makan durian gratis sepuasnya, seminar durin, kontes durian, lomba hasil olahan durian, dan berwisata ke kebun durian.

“Kami sudah pikirkan konsep yang matang agar acara ini meriah. Even besar tidak harus di kota, tetapi juga bisa di sentra durian seperti Punggur yang sudah terkenal akan kualitas dan rasa duriannya. Kami ingin mengangkat lagi komoditas pertanian rakyat ini, agar semakin dikenal secara nasional dan internasional,” ujarnya kepada Pontianak Post, kemarin (4/12).

Tidak hanya yang berhubungan durian, festival ini juga diselingi berbagai perlombaan lainnya, seperti; lomba mewarnai untuk anak SD, lomba selfie di lokasi acara, dan kesenian rakyat. Prijono dari Komunitas Kalbar Berkebun mengatakan acara ini akan dihadiri tamu undangan dan peserta dari seluruh provinsi se-Kalimantan, Pulau Jawa, Sumatera hingga negara tetangga seperti Sarawak.

DURIAN: Penampakan pohon durian jarum emas legendari yang tinggal satu barang pohon besar di Punggur. Kawasan ini adalah sentra durian yang terkenal sejak dulu.

“Sejauh ini sudah beberapa daerah yang konfirmasi akan hadir. Dari Kalimantan Timur ada dua rombongan. Kalteng, Kalsel dan daerah lain juga hadir. Sementara dari komunitas-komunitas pecinta durian di Jawa juga memastikan hadir. Peserta dari negara tentangga kita juga akan datang. Kami yakin akan ratusan orang dari luar Kalbar yang datang,” ujar dia.

Tidak ingin seperti even biasa, panitia juga merancang nuansa berbeda untuk para tamu dari luar Kalbar. Misalnya, para tamu tidak diinapkan di hotel. Namun mereka diminta merasakan sensasi tinggal di kawasan hutan durian. Sembari merasakan hawa pedesaan plus menikmati sensai menunggui durian runtuh. “Kami sudah sediakan homestay yang layak untuk para tamu. Tetapi mungkin tidak semuanya bisa tertampung,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kalbar Heronimus Hero mengatakan, durian adalah buah yang memiliki penggemar fanatik. Tidak jarang mereka menjelajah ke berbagai daerah dan negara untuk mencari buah terbaik.  Nah di festival ini juga diadakan lomba durian terbaik, dimana para peserta lomba akan memamerkan durian dari daerah asalnya masing-masing. “Berbagai daerah berlomba lomba mengeluarkan durian terbaik. Hal ini membuka mata kita entang betapa kaya nya Kalbar dengan plasma nutfah. Salah satunya durian. Kami mendukung adanya even ini,” tukas dia.

Menurut dia, durian Kalbar sangat kaya jenis dan rasa. Bahkan jauh lebih unggul dari durian montong-nya Thailand. “Thailand saja dengan mengandalkan durian montong dan cane sudah merajai pasar durian internasional. Terbayang kalo potensi kita soal durian unggul lokal dapat kita kelola dengan baik,  rasa durian yang begitu beragam membuat hati ini sangat bangga,” jelas dia. (ars)

Berita Terkait