Festival Durian Borneo, Dari Kontes hingga Pesta Makan Durian Gratis

Festival Durian Borneo, Dari Kontes hingga Pesta Makan Durian Gratis

  Jumat, 11 January 2019 09:53
DURIAN PUNGGUR: Warga menjual durian di pinggir Jalan Raya Kakap | HARYADI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Bagi masyarakat penggemar dan mengagumi citarasa buah durian, jangan sampai melewatkan acara yang bertajuk  Fetival Durian Borneo. Kegiatan yang dilaksanakan pada 12-13 Januari 2018 itu bakal menyuguhkan event yang memanjakan para pecinta buah durian. 

HARYADI, Pontianak

CITARASA dan aroma durian khas Desa Punggur memberikan sensasi berbeda dari durian-durian daerah lain. Kegiatan yang digagas Komunitas Kalbar Berkebun bekerjasama dengan Pontianak Post serta didukung berbagai pihak akan diadakan di halaman kantor Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

Priyono, ketua kegiatan mengatakan, persiapan kegiatan Festival Durian Borneo sudah 90 persen. Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji dan Bupati Kubu Raya Rusman Ali dijadwalkan menghadiri festival tersebut. 

Sejumlah instansi dari luar Kalbar juga dijadwalkan hadir, seperti Kaltim, Kalteng, Kalsel, komunitas pecinta durian di Jawa, dan Sumatera. Bahkan tamu dari negara Malaysia turut hadir dalam agenda tersebut. 

"Kami mengundang warga Kalbar datang meramaikan dan menyaksikan festival durian terbesar ini," ungkap Priyono.

Ia menambahkan kegiatan yang digelar gratis bagi warga. Bakal menyajikan berbagai macam acara dan lomba bagi anak-anak hingga orang dewasa. Berbagai lomba diantaranya seperti lomba mewarnai untuk anak SD, lomba swafoto di lokasi, kontes durian, lomba hasil olahan durian. 

Selain itu ada juga acara yang masyarakat bisa ikuti seperti kirab budaya, pesta makan durian gratis sepuasnya, seminar durian, berwisata ke kebun durian serta hiburan kesenian rakyat layak menjadi kunjungan di akhir pekan bagi masyarakat. 

"Festival ini juga diadakan lomba durian terbaik, para peserta lomba akan memamerkan durian dari daerahnya masing-masing dan menghadirkan juri yang cukup berkompeten dalam menilai Seperti kepala yayasan durian nusantara, balai penelitian buah tropika, dan ada juga dari penghobi," jelasnya.

Kepala Desa Punggur Kecil. Adi Kusumajaya mengapresiasi festivial durian yang pertama kali digelar di wilayah kerjanya. sebelumnya sudah ada kegiatan rutin yang dilaksanakan di Desa Punggur Kecil. Namun hanya setingkat desa yang bertajuk kontes durian saja.

"Kami berharap kegiatan ini bakal rutin digelar sehingga warga semakin banyak yang mengenal Desa Punggur Kecil sebagai penghasil durian dan juga langsat. Bila berdampak positif desa ini bisa dijadikan tujuan agrowisata dan bisa memberikan manfaat bagi warga desa,"tuturnya.(*)

Berita Terkait