Ferland Mendy Bek Kiri Termahal Kedua

Ferland Mendy Bek Kiri Termahal Kedua

  Jumat, 14 June 2019 10:14
Ferland Mendy

Berita Terkait

MADRID – Real Madrid tetap mendapatkan Mbappe. Tetapi, bukan Kylian Mbappe yang telah lama diidam-idamkan Madridista mendarat di Valdebebas, sebutan kamp latihan Real. Kemarin WIB (13/6) Real sudah memastikan “Mbappe” lainnya. Ya bek kiri Ferland Mendy-lah Mbappe milik Los Merengues, julukan Real. 

“Mbappe-nya Bek Kiri”, begitulah julukan yang diberikan Mendy dari agennya Yvan Le  Mee. Nah yang jadi pertanyaan, akankah Mendy bakal menjawab ekspektasi julukan “Mbappe” itu di Real? Apalagi dengan banderol selangit dan tantangan yang dihadapinya sebagai suksesor  Marcelo. 

Real merekrut Mendy dengan fee sebesar EUR 38 juta (Rp EUR 48 juta (Rp 774 miliar). Nilai tersebut belum termasuk bonus performa EUR 5 juta (Rp 80,6 miliar). ''Saya sudah sangat bangga dan terhormat bergabung dengan klub terbesar di dunia dengan pelatih hebat yang akan membantu perkembangan saya,'' tulis Mendy lewat akun Instagram-nya @ferland_mendy. 

Mendy dibeli dari klub Ligue 1, Olympique Lyonnais. Dia akan memperkuat Real dalam enam musim ke depan. Rencananya, pemain berusia 24 tahun tersebut baru akan diperkenalkan ke publik Santiago Bernabeu pekan depan. Belajar dari pengalaman bek-bek kiri seniornya dari Prancis, seperti Benjamin Mendy dan Theo Hernandez, banderol mahal bukan garansi. 

Ingat Mendy lainnya yang dipunyai Manchester City. Ben, panggilan akrabnya, malahan gagal membuktikan statusnya sebagai bek kiri termahal di dunia. Harga EUR 58 juta (Rp 935,2 miliar) hanya mampu dibalasnya dengan 23 kali penampilan dalam dua musim. Termasuk gara-gara cedera panjang, dia juga kalah bersaing dengan dua bek kiri City lainnya. 

Sebut saja Oleksandr Zinchenko dan Fabian Delph. Ben hanya mampu dipercaya selama 1721 menit. Setali tiga uang dengan Ben Mendy, Theo Hernandez juga tenggelam dengan harga mahalnya. Dengan usianya yang baru 21 tahun, Theo pun gagal menjawab tantangan untuk jadi calon suksesor Marcelo. 

Musim lalu Theo dipinjamkan ke Real Sociedad. Musim 2019 – 2020, adik kandung bek kiri Atletico Madrid Lucas Hernandez itu masih berpotensi dipinjamkan kembali. Diwawancara France Football, Ferland menyebut satu hal yang bakal dia tawarkan kepada Real. ''Saya sudah  berkata pada diri saya sendiri, saya harus lebih cepat! Saya bakal tetap melanjutkan penampilan  yang dinamis,'' tuturnya. 

Sisi itu yang bisa jadi nilai plus Mendy di depan Marcelo. Terlebih dengan pelajaran dari musim lalu saat Marcelo mulai melamban. Satu hal lagi yang bisa jadi alasan Mendy survive di musim pertamanya bersama Real. Sama seperti Mbappe, Mendy pun kuat dalam dribbling-nya. ''Itu selalu jadi karakter permainan saya,'' tambah Mendy. 

Le Mee, seperti dikutip Goal, menganggap kliennya sebagai solusi jitu Real untuk posisi bek kiri. Terutama yang memiliki kemampuan dribbling ciamik dan dengan kontribusi defense-offense sama bagusnya. ''Selain Andy Robertson yang tak akan pindah dari Liverpool, tidak ada lagi pemain yang mempunyai bakat dalam peran seperti itu yang masih tersedia,'' tutur Le Mee. 

Mendy meneruskan kebiasaan Real membeli bek kiri mahal. Sebelum Mendy, ada Theo.  Lalu, pada musim panas 2011 Real juga membeli Fabio Coentrao dari Real dengan fee EUR 30 juta (Rp 483,6 miliar). Jika sukses Mendy bisa melanjutkan histori manis bek kiri hebat di Real  yang pernah memiliki Roberto Carlos dan Marcelo.

Siapa yang dipilih pelatih Zinedine Zidane? Musim depan Marcelo pun masih tidak juga  memutuskan untuk meninggalkan Real. Sumber ESPN menyebut, kehadiran Mendy tak berefek  dengan masa depan Marcelo. ''Dia akan tetap jadi wakil kapten Real. Dengan dia tidak bermain di Copa America membela Brasil, kondisinya akan tetap fit pada pramusim Real,'' sebut sumber internal Real. (ren)
 

Berita Terkait