FEB Untan Terapkan E-Learning

FEB Untan Terapkan E-Learning

  Selasa, 16 April 2019 12:09
FOTO BERSAMA: Dekan FEB Untan, Dr. Hj. Jamaliah, SE MSi (tengah) foto bersama dengan Tedy Rismawan, S.Kom MCs beserta peserta hibah E-Learning.

Berita Terkait

SENIN, 15 April 2019, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura (FEB Untan) melaksanakan "Launching" kegiatan E-Learning" bagi Dosen Penerima Hibah E-Learning FEB Untan" yang dilaksanakan di ruang sidang Prof. Dr. Syamsudin Djahmat FEB Untan. 

Kegiatan ini diikuti oleh 11 orang dosen FEB Untan dari jurusan Manajemen Akuntansi dan Ilmu Ekonomi, dimana tiap semester disediakan dana untuk 15 dosen mengikuti hibah E-Learning. rangkaian kegiatan ini diawali dengan sosialisasi penerapan E-Learning yang dilaksanakan pada Desember 2018, dan dilanjutkan dengan kegiatan launching pada hari ini (15/4/2019). Adapun yang menjadi narasumber sekaligus pendamping dalam kegiatan ini, adalah tenaga ahli dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Tanjungpura; Tedy Rismawan S. Kom, M. Cs , yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Rekayasa Sistem Komputer FMIPA Untan.

Visi FEB Untan yakni, mencapai lulusan yang kompetitif baik lokal, nasional dan internasional, dan E-Learning salah satu solusinya. E-Learning merupakan program yang digalakkan oleh Menristek Dikti, untuk mengarah ke Cyber University  sudah dilaksanakan oleh beberapa universitas baik di dalam dan di luar negeri. 

Rektor baru Untan  Prof. Dr Garuda Wiko, SH MSi FCBArb juga memiliki visi yang sama dan mendorong agar tiap fakultas di lingkungan Untan melaksanakan E-Learning. 

E-Learning merupakan metode pembelajaran jarak jauh, sehingga mahasiswa tidak perlu melakukan tatap muka di kelas. Dosen akan menyampaikan info awal, materi bacaan, link ke sumber lain, slider, video, animasi, latihan, dan quiz. 

FEB Untan sementara akan melaksanakan kegiatan E-Learning sejumlah 25% dari total pertemuan dalam satu mata kuliah per semester, dan 75% perkuliahan masih dilakukan secara tatap muka (Blended Learning). Hal ini dilakukan untuk menjamin kualitas pembelajaran terutama di tingkat Strata 1.

E-Learning juga akan diterapkan diprogram sarjana, magister dan doktor. Pada semester yang akan datang, akan dibuka kembali kesempatan kepada 15 orang dosen untuk mengajukan proposal hibah E-Learning. Hal ini dikarenakan agar FEB Untan tidak tertinggal dari perkembangan teknologi informasi.

“Di zaman disruptive innovation dan teknologi 4.0, kami harus peka terhadap perkembangan teknologi, salah satunya pendidikan. Kami ingin mahasiswa kami setelah lulus, menjadi tenaga yang kompetitif untuk masa depan Indonesia. E-Learning memang belum dilaksanakan secara keseluruhan tapi kami mencoba dulu. Saya harapkan peran dan respon mahasiswa dalam aktivitas E-Learning, sehingga kami bisa menjaga kualitas kami,” harap Dekan FEB Untan, Dr. Hj. Jamaliah, SE. MSi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dekan FEB Untan atas komitmennya di dunia pendidikan. Salah satunya dengan melaksanakan mulai dari sosialisasi hingga pelaksanaan hibah E-Learning yang memotivasi kami untuk mencerdaskan mahasiswa kami. E-Learning yang dilaksanakan juga dimonitoring dan dievaluasi, agar sesuai dengan yang diharapkan,”  ujar Dosen penerima Hibah E-Learning, Dr. Barkah, SE MSi di semester ini.(ryan/biz)

Berita Terkait