FEB Untan Laksanakan Program Double Degree

FEB Untan Laksanakan Program Double Degree

  Kamis, 21 February 2019 10:00
MOMEN : Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura Dr. Hj. Jamaliah, SE. M.Si ketika menyerahkan plakat Universitas Tanjungpura kepada Dr. Elyssa Y. Cheng dari National University of Kaohsiung, Taiwan sebagai tanda dimulainya kerjasama dengan NUK dalam double degree program. ISTIMEWA

Berita Terkait

Kerjasama dengan National University of Kaohsiung Taiwan

PONTIANAK –Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura (FEB Untan) akan menjalin kerja sama dengan National University of Kaohsiung untuk melaksanakan program double degree pada 2019. Sebelumnya fakultas ini sukses  melaksanakan program pertukaran pelajar (student exchange) yang diikuti mahasiswa international class setiap tahunnya. 

Dekan FEB Untan, Dr. Hj. Jamaliah, SE, M.Si mengatakan  kerjasama program double degree diajukan kepada beberapa universitas luar negeri yang bekerja sama baik dengan FEB Untan. Dari beberapa universitas, National University of Kaohsiung Taiwan lebih dulu memberi tanggapan dan akan dimulai pada tahun 2019.

Jamaliah menilai program kerja sama ini menjadi peluang bagi FEB Untan yang setiap tahunnya rutin melaksanakan study exchange, baik pada mahasiswa, dosen, atau riset. Selain itu, program ini juga menjadi tujuan awal dibentuknya kelas internasional pada tahun 2012. Menurut Jamaliah, sudah saatnya FEB Untan melaksakan program double degree ini. “Karena saya berharap program seperti ini tak hanya terhenti di study exchange saja,” ujarnya temui di ruang kerjanya, Rabu (20/2).

Jamaliah menuturkan program ini juga sejalan dengan revolusi industri 4.0 dan sejalan dengan kelas internasional yang diusung  seluruh jurusan yang bernaung di FEB Untan. Jamaliah berharap program ini dapat menaikkan kualitas FEB Untan. Akreditasi kampus tak hanya terhenti di tingkat nasional, tapi juga internasional. Selain itu, peluang alumnus FEB Untan untuk mendapatkan pekerjaan pada perusahaan asing tak terkendala. 

Program double degree ini sejalan dengan visi FEB Untan, yakni menghasilkan sarjana yang bermoral dan kompetitif. “Kompetitif yang dimaksud tak hanya di tingkat lokal dan nasional, tapi juga internasional,” tutur Jamaliah. 

Di hari yang sama, Dosen Sastra Inggris National University of Kaohsiung Taiwan, Dr. Elyssa Y. Cheng mendatangi FEB Untan. Tak hanya berkunjung, Elyssa juga memberikan kuliah umum bertema ‘How Much Do You Know About Taiwan’. Elyssa menjelaskan secara umum mengenai kehidupan di Taiwan, termasuk bidang pendidikan kepada puluhan mahasiswa internasional kelas FEB Untan.

Dijumpai setelah mengisi kuliah umum, Elyssa sangat terkesima mendengar kemampuan bahasa Inggris mahasiswa kelas internasional saat melakukan sesi tanya jawab. Bahkan, menurut perempuan berkaca mata ini, salah satu mahasiswa kelas internasional yang bertindak sebagai MC mampu mengolaborasikan dan memberikan resume yang baik pada kuliah umum ini. “Secara umum kemampuan mahasiswa FEB dalam berbahasa inggris sudah sangat baik,” tuturnya. 

Kedepannya, ia berharap program doble degree yang akan dijalankan antara FEB Untan dan National University of Kaohsiung Taiwan dapat berjalan baik. Sehingga, baik mahasiswa FEB Untan atau mahasiswa National University of Kaohsiung Taiwan berkesempatan mendapatkan dua ijazah bertaraf internasional. Semoga kerja sama program yang akan dijalankan berjalan baik. (ghe) 

Berita Terkait