Evaluasi Passing Grade

Evaluasi Passing Grade

  Jumat, 16 November 2018 09:27
LOLOS: Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Plt BKPSDM Singkawang Juandi , bersama salah satu peserta yang lolos seleksi.

Berita Terkait

120 Peserta Lolos Satu

SINGKAWANG-Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie memantau pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi peserta CPNS yang dipusatkan di SMK Negeri 2 Singkawang, Kamis (15/11).

Seleksi SKD CPNS Kota Singkawang diikuti 1.244 orang dan akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan, dari tanggal 15-17 November 2018.

"Berdasarkan hasil pemantauan saya, sepertinya harus dievaluasi karena untuk Kota Singkawang saja, pada seleksi gelombang pertama saja dari 120 peserta yang mengikuti tes, cuma ada satu orang yang dinyatakan lulus Passing Grade," kata Tjhai Chui Mie.

Sehingga, dirinya selaku Kepala Daerah menginginkan agar pemerintah pusat bisa melakukan evaluasi agar penerimaan CPNS untuk tahun berikutnya.

"Dan yang sudah melaksanakan tes ini, mungkin ada kebijakan-kebijakan lain dari pemerintah pusat sehingga formasi yang diberikan untuk Singkawang bisa terpenuhi," ujarnya.

Secara umum, memang banyak peserta yang lolos dalam pencapaian nilai Passing Grade. Namun, kalau dilihat secara per item, seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) banyak peserta yang tidak lolos.

"Sehingga kita berharap ada kebijakan seperti apa yang bisa diambil pemerintah pusat supaya berapa jumlah tenaga yang diperlukan untuk Kota Singkawang nantinya bisa terisi," ungkapnya.

Bahkan, katanya, banyak dari Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang mengeluhkan Passing Grade, karena banyak peserta yang tidak lolos.

Tak hanya kepada pemerintah pusat yang ditekankannya, bahkan dirinya pun selaku kepala daerah juga akan melakukan evaluasi terkait penerimaan CPNS kedepannya.

"Mungkin kedepannya para pelamar akan kita beri semacam pembekalan sebelum mengikuti tes. Kemudian ada pembimbingnya mengenai soalnya nanti seperti apa, dan caranya nanti bagaimana. Ibarat anak sekolah sebelum ujian dilatih melalui Try Out (TO) dan semacamnya," ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Singkawang, Juandi mengatakan, dihari pertama seleksi SKD, ada sebanyak 19 orang yang memenuhi Passing Grade.

Namun, tes seleksi yang akan dilalui para pelamar khususnya di Kota Singkawang ada dua macam, pertama tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dan tes seleksi kompetensi bidang (SKB).

"Artinya setelah peserta dinyatakan lulus pada tes seleksi kompetensi dasar (SKD), maka peserta yang bersangkutan akan mengikuti tes seleksi kompetensi bidang (SKB). Mengenai jadwalnya tunggu saja dari pusat," katanya.

Namun, kalau ada peserta yang sudah memiliki sertifikasi dan dinyatakan lulus pada tes SKD maka yang bersangkutan tidak perlu lagi mengikuti tes SKB.

Diakui Juandi, berdasarkan seleksi yang sudah dilakukan beberapa daerah tak terkecuali di Kota Singkawang, banyak peserta yang tidak lolos pada standar TKP khususnya pada tes seleksi kompetensi dasar (SKD).

"Dan itu terjadi di seluruh Indonesia semuanya gugur pada standar TKP," ujarnya.

Dengan banyaknya peserta yang gugur di standar TKP, diharapkan pemerintah pusat bisa melakukan evaluasi dengan mengambil suatu kebijakan, sehingga masing-masing daerah bisa terpenuhi formasinya.  Juandi menjelaskan, passing grade untuk TWK adalah senilai 75, TIU 80 dan TKP 143 sehingga total nilai 298.

Salah satu peserta CPNS yang lolos Passing Grade, Sri Januarti (29) merasa bersyukur karena dirinya dinyatakan lolos dari tes SKD.

"Saya sangat bersyukur kepada Allah mungkin ini sudah rezeki anak karena atas rahmatnya saya bisa lolos dari tes SKD," katanya sambil mengelus-elus janin calon anak pertamanya seraya menangis bahagia.

Menurutnya, selain berdoa tentunya hasil tes SKD juga tidak terlepas dari usaha yang sudah dilakukannya selama ini.

"Berkat ketekunan saya belajar dan doa orang tua serta suami yang menginginkan agar saya terus berjuang karena setelah tes SKD, masih ada tes selanjutnya yakni SKB," ujar warga yang tinggal di Gang Seribu Dinar Sakok, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan ini.

Berdasarkan hasil tes SKD, katanya, untuk TWK dirinya meraih nilai 105, TIU 80 dan TKP 143. Jadi totalnya sejumlah 328. "Saya mengambil jurusan PGSD, dan baru pertama kali mengikuti tes CPNS di bidang ini," ungkapnya. (har)

Berita Terkait