Erry Iriansyah : Kaum Millenial Harus Mandiri dan Sukses

Erry Iriansyah : Kaum Millenial Harus Mandiri dan Sukses

  Senin, 23 July 2018 11:13
MOTIVASI PEMUDA: Para peserta seminar foto bersama dalam seminar nasional bertemakan “How to Winning in Disruptive Era” | IST

Berita Terkait

MEMPAWAH - Dalam upayanya mencetak generasi muda yang bermutu dan berkualitas DPD KNPI bekerjasama dengan DPD WIMNUS Kalbar menghadirkan Trainer & Motivator terkenal, Syafi’i Efendi, Minggu (22/7) di Pontianak. Kegiatan bertajuk Seminar Motivasi Nasional yang mengangkat tema “How to Winning in Disruptive Era” itu diikuti ratusan pemuda di Kota Pontianak dan sekitarnya.

“Kami menghadirkan Syafi’i Efendi ini untuk memberikan motivasi kepada para generasi muda untuk optimistis dalam menatap masa depan. Sehingga anak-anak muda ini memiliki semangat dan konsep yang matang dan terarah,” terang Ketua DPD KNPI Kalbar, Erry Iriansyah, ST.

Generasi muda, menurut Erry yang juga Ketua DPD AMPG Kalbar itu, merupakan masa depan bangsa dan negara. Termasuk pula para generasi muda yang ada di Kalbar, akan menentukan kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Maka KNPI mengambil peranan untuk membentuk dan mencetak generasi muda yang kuat, bermutu dan berkualitas. Pemuda ini harus siap dan mantap untuk menatap masa depannya. Harus sudah memahami konsep kehidupan itu seperti apa,” tuturnya.

Apalagi, lanjut Erry, globalisasi menyebabkan masuknya berbagai akses kebudayaan dan prilaku hidup negara luar. Baik itu kebudayaan dan pola hidup yang positif maupun negatif. Maka, para generasi muda harus dibentengi supaya tidak terjerumus.

“Narkoba, pergaulangan bebas dan lainnya merupakan hal-hal negatif yang harus kita proteksi dikalangan generasi muda. Jangan sampai generasi kita hancur akibat dirusak kebudayaan asing yang tidak sejalan dengan konsep kehidupan masyarakat Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, Trainer & Motivator Muda Indonesia, Syafi’i Efendi yang hadir sebagai pembicara dalam acara Seminar Motivasi Nasional yang bertemakan “How to Winning in Disruptive Era” itu menggambarkan secara gamblang tentang kondisi dan situasi yang sedang dihadapi generasi muda saat ini.

“Saat ini dunia sedang memasuki “Era Disruptive”. Pada era ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menghadirkan berbagai kemudahan dan keterbukaan, yang akan menjadi ancaman bagi anak muda jika tidak siap secara mental,” pendapatnya.

Karena itu, dia menyebut peran elemen masyarakat sangat penting untuk memproteksi generasi muda agar tidak terjebak dalam hal negatif akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.  

“Pemerintah, kampus, sekolah dan orang tua harus bersinergi dalam menjaga para pemuda ini dengan cara menjaga “input” dirinya. Caranya dengan menjaga informasi yang diterima. Mulai dari lingkungan teman-temannya, buku yang dibaca, acara-acara dan musik yang di dengar serta tontonan-tontonan yang mendidik,” sarannya.

Tak hanya pentingnya memproteksi diri dari hal negatif, Syafi’i Efendi pun mengajak para generasi muda di Kalbar untuk menciptakan kemandirian. Baik itu kemandirian mental, wawasan hingga keuangan.

“Caranya dengan fokus pada aktifitas yang bersifat produktif. Sehingga generasi muda ini akan berada pada jalur positif dan menciptakan kemandirian bagi dirinya maupun lingkungan sekitar,” pungkasnya.(wah)

 

Berita Terkait