Enam Tahun Pontv; Jatidiri Televisi Masyarakat Kalbar

Enam Tahun Pontv; Jatidiri Televisi Masyarakat Kalbar

  Sabtu, 10 March 2018 13:41

Berita Terkait

PONTIANAK TV atau Pontv, Sabtu (10/3) merayakan ulang tahunnya. Syukuran sederhana dengan siaran langsung dari studio Lantai VI Graha Pena, Pontianak. Diusia enam tahun, Pontv begitu dekat dengan pemirsanya, terutama warga kota. Berita lokal dengan bahasa khas melayu Pontianak menjadi siaran yang selalu dinanti. Begitu juga acara-acara dengan latar belakang kehidupan kota menyuguhkan tontonan yang menarik.

Mengelola bisnis televisi tidak lah mudah. Ada aturan-aturan yang harus dipatuhi seperti penggunaan frekwensi, isi siaran, kode etik wartawan dan aturan umum dalam dunia bisnis yang sudah ditetapkan pemerintah. Balai monitoring selalu memantau penggunaan frekweksi. Komisi Pengawasan Informasi (KPI) setiap saat memplototi siaran yang disampaikan. Sedikit saja melenceng siap-siap kena teguran hingga penindakan.

Untuk bisa bertahan hidup, pengelola televisi harus mampu mendatangkan iklan. Biaya produksi yang cukup besar tanpa iklan memadai, industri televisi sulit untuk bertahan. Kue iklan pusat sudah habis tersedot televisi nasional. Sedangkan iklan lokal masih minim.

Pengusaha lokal belum terbiasa untuk beriklan di tv. Disinilah kerja keras dilakukan kru Pontv. Enam tahun mereka berjuang mengedukasi pengusaha-pengusaha lokal untuk bisa beriklan. Mengajak mereka menjalin kerjasama membuat event-event yang menarik.

Pontv kini benar-benar menjadi televisi dengan jati dirinya sendiri. Kehadirannya ditengah persaingan televisi nasional menjadikannya sesuatu yang beda. Usia enam tahun memang masih relative muda, namun ditangan anak muda yang kreatif, usia enam tahun menjadikan Pontv semakin matang.

Mengelola Pontianak TV tak hanya urusan bisnis televisi. Kehadirannya memiliki nilai tambah. Menjadi pusat pembelajaran bagi mereka yang ingin memperdalam bidang komunikasi, siaran, broadcasting, MC, cameramen, reporter dan lain sebagainya. Kondisi ini menjadikan Pontv sebagai agen perubahan. Tak heran, Pontv selalu ramai dengan kehadiran mahasiswa dan pelajar yang ingin memperdalam bidang broadcasting. Bahkan mereka berdatangan dari luar daerah.

Banyak diantara mereka awalnya hanya biasa-biasa saja, namun setelah bergabung dengan Pontv memiliki nilai jual lebih. Skill individu semakin bertambah. Proses pembelajaran di Pontv membuat SDM-nya semakin profesional. Namun untuk mencapai hal itu tentu perlu proses.

Tahun 2018 ini Pontv hadir diseluruh wilayah Kalbar. Tentu dengan system jaringan satelit. Kondisi ini memungkinkan masyarakat luar Kota Pontianak dapat menyaksikan tayangannya. Kini Pontv benar-benar menjadi milik masyarakat Kalimantan Barat. Milik kita, kebanggan untuk semua. Sukses untuk Pontv.**

Berita Terkait