Enam Klasifikasi Zakat

Enam Klasifikasi Zakat

  Rabu, 15 May 2019 11:04
KLASIFIKASI: Kemenag Kabupaten Sanggau saat rapat menentukan klasifikasi nilai zakat fitrah.

Berita Terkait

SANGGAU – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sanggau mengumunkan enam klasifikasi nilai zakat fitrah yang dibayar dalam bentuk uang. Nominal uang dalam klasifikasi ini untuk menggantikan zakat fitrah berupa beras sebanyak 2,5 kilogram per jiwa. Keputusan tersebut diambil usai rapat koordinasi yang digelar di Kantor Kemenag Sanggau, Selasa (14/5).

Klasifikasi pertama senilai Rp37.500 untuk harga beras Rp15 ribu per kilogram. Klasifikasi kedua senilai Rp35 ribu untuk harga beras Rp14 ribu per kilogram. Klasifikasi ketiga senilai Rp32 ribu untuk harga beras per kilo Rp13.000. Klasifikasi keempat senilai Rp30.000 untuk harga beras Rp 12.000 perkilogram. Klasifikasi kelima senilai Rp23.750 untuk harga beras Rp9.500 perkilogram dan klasifikasi enam diperuntukan bagi yang mengkonsumsi berbeda dari harga klasifikasi satu sampai lima dapat menyesuaikan dengan harga setempat.

 “Bagi masyarakat yang mengkonsumsi beras dengan harga yang berbeda dari klasifikasi ini dapat menyesuaikan dengan harga setempat,” ungkap Kepala Kantor Kementrian Agama Sanggau, M. Taufik.

Dalam menunaikan zakat (khususnya zakat fitrah) agar dapat dimanfaatkan oleh mustahiq menyongsong hari raya, maka kepada masyarakat diharapkan menunaikan zakat fitrah kepada UPZ/BAZNAS di lingkungannya dapat dilakukan tiga hari sebelum 1 Syawal 1440 Hijriah. (sgg)

 

Berita Terkait