Ekspektasi untuk Uncle Kelechi

Ekspektasi untuk Uncle Kelechi

  Jumat, 9 September 2016 09:30
Kelechi Iheanacho

Berita Terkait

OLD TRAFFORD, lima bulan lalu, Kelechi Iheanacho hanya bisa memandangi Marcus Rashford yang menjadi pahlawan dengan golnya ke gawang Joe Hart. Karena saat itu Iheanacho hanya duduk di bench dan Sergio Aguero yang jadi kepercayaan Manuel Pellegrini mengisi posisi sembilan. Namun semua itu akan berbeda di tempat yang sama besok malam WIB. 

Karena pemain yang di Etihad Campus – sebutan kamp latihan City – dijuluki Uncle Kelechi itu bukan lagi mengawali laga derby Manchester ketiganya ini di bangku cadangan. Sebaliknya, Iheanacho  akan langsung bermain sebagai starter. Iheanacho mendapatkan posisi starter itu setelah Aguero terkena sanksi larangan bermain di tiga laga Premier League. 

''Kehilangan Sergio (Aguero) itu kehilangan yang besar. Tetapi, kami masih punya pemain hebat  yang mampu menutupi kehilangan itu,'' ungkap Iheanacho kepada The Sun. Melihat dari stok pemain di City, hanya Aguero dan Iheanacho pemain nomor sembilan yang bisa dipilih Guardiola. Dengan minim opsi ini, media-media di Inggris menyebut ada peluang Guardiola memainkan false nine. 

Seperti yang pernah dijajal Guardiola dalam dua laga terakhir City. Seperti 14 menit terakhirnya saat melawan Steaua Bucharest di leg kedua playoff Liga Champions (25/8) dan dua menit terakhir saat menjamu West Ham dua pekan lalu (29/8). Nolito atau Raheem Sterling bisa digeser sebagai penyerang  bayangan. 

Terlepas dari kemungkinan strategi false nine itu, Iheanacho menegaskan bahwa dirinya bersiap untuk menjawab ekspektasi sebagai pengganti Aguero. ''Saya akan menuntaskan pekerjaan itu. Karena, ini laga yang berarti segalanya bagi saya, ini jauh dari hanya sekedar pertandingan derby,'' beber striker yang akhir pekan lalu mencetak gol untuk timnas Nigeria di kualifikasi Piala Afrika 2017 itu. 

Di era Guardiola ini, Iheanacho baru bermain empat kali. Dari tiga laga di Premier League plus sekali di playoff Liga Champions, hanya sekali pemain berusia 19 tahun itu menjadi starter. Karena itu,  Iheanacho hingga awal bulan September ini masih minim kontribusi bagi City. Main 93 menit, satu kali assist saja kontribusinya. 

Iheanacho mengungkapkan, dia tidak banyak berdiskusi dengan Guardiola terkait kansnya main sebagai starter pertama musim ini. ''Saya hanya berbicara dengannya ketika kami berlatih. Selain waktu itu, saya tidak pernah berdiskusi dengannya. Pembicaraan antara kami hanya terjadi di lapangan,'' sebut Iheanacho. 

Apabila dimainkan, ada beberapa rekor yang menanti Iheanacho. Dia akan menjadi pemain dari Nigeria pertama yang main dalam derby Manchester. Kalau mencetak gol, maka Iheanacho jadi pemain Nigeria pertama yang mencetak gol di derby Manchester. Dia juga menjadi pemain City keempat yang berasal dari benua Afrika setelah Yaya Toure (Pantai Gading) dan Benjani Mwaruwari (Zimbabwe) jika menjebol gawang David de Gea. 

Sayangnya, kecil peluangnya untuk menyaksikan dua wonderkid dari dua klub kota Manchester tampil sebagai starter. Pasalnya, Rashford berat peluangnya untuk menjadi starter. Jose Mourinho bakal lebih memilih Zlatan Ibrahimovic sebagai striker utamanya. Meski, dua hari lalu Rashford menggebrak dengan tiga golnya ke gawang Norwegia dalam kualifikasi Euro U-21 di Colchester. 

Mirror menyebut, bomber yang setahun lebih muda usianya dibandingkan Iheanacho tersebut di laga besok malam akan main dari bangku cadangan terlebih dahulu. Seperti ketika Rashford memecah kebuntuan pada menit-menit terakhir di balik kemenangan ketiga United atas Hull City 1-0 di KCOM Stadium, Hull (29/8).

Kamis kemarin WIB (8/9) Rashford sudah kembali ke Carrington untuk berlatih bersama rekan-rekannya di United. Salah satu sumber di Daily Mail menyebut, Mourinho belum berpikir memainkan Rashord sebagai starter di laga derby. Sebaliknya Mourinho merencanakan untuk memainkan Rashford  sebagai starter saat laga Europa League melawan Feyenoord, di De Kuip, 16 September mendatang. (ren)

Berita Terkait