Efek Bintang Kawhi

Efek Bintang Kawhi

  Kamis, 23 May 2019 10:44
IMBANG : Kawhi Leonard (2) dari Toronto Raptors saat menguasai bola melawan Milwaukee Bucks pada game keempat NBA Eastern Conference Finals di Scotiabank Arena (21/5) di Toronto, Kanada. Raptors menang 120-102 atas Bucks, sekaligus membuat kedudukan imbang 2-2 dalam final series

Raptors Tahan Imbang Bucks 2-2

TORONTO - Persaingan final wilayah Timur masih sengit. Toronto Raptors memaksa Milwaukee Bucks menelan kekalahan kedua di game keempat yang berlangsung di Scotiabank Arena, Toronto, Kanada kemarin. Kemenangan 120-102 atas Bucks, sekaligus membuat kedudukan imbang 2-2 dalam final series.

Raptors membuat comeback istimewa dengan menyapu bersih dua laga kandang mereka. Pesona bintang small forward, Kawhi Leonard memberikan efek besar buat permainan Raptors. Kawhi menyumbang 19 poin, 7 rebound, 4 steal dan 2 kali block.

Torehan dia memang tidak sementereng di laga sebelumnya. Itu menjadi poin terendah buat pemain yang tiga kali masuk NBA All-Star tersebut sejak game ketiga babak pertama playoff menghadapi Orlando Magic.

"Kawhi akan mendapatkan perhatian setiap sepanjang permainan, tidak peduli apapun. Inilah efek Kawhi," sebut Kyle Lowry, point guard Raptors dikutip ESPN.

Penjagaan superketat buat Kawhi memberikan celah buat para pemain Raptors yang lain. Hasilnya, sumbangan poin lainnya terdistribusi dengan tepat kepada rekannya. 

Selain Kawhi, lima pemain Raptors lainnya mencetak double digit poin. Hebatnya, tiga pemain di antaranya datang dari bangku cadangan. Mereka yakni, Serge Ibaka, Norman Powell, dan Fred VanVleet. 

Ketiganya menjadi paket alternatif bagi pelatih Raptors, Nick Nurse. Ibaka bahkan mencetak double-double pada game tersebut. Dia menyumbang 17 poinnya plus 13 kali rebound, memperlihatkan dominasinya di bawah ring. 9 kali rebound di antaranya dia ciptakan dengan sempurna di zona bertahan.

Center Raptors, Marc Gasol juga tidak kalah hot. Pemain nasional Spanyol itu memimpin assist timnya sebanyak tujuh kali. Mark juga turut menyumbang 19 poin buat timnya. Field goal-nya mencapai 54,5 persen.

Bucks bukannya tanpa perlawanan. Kombinasi Giannis Antetokounmpo, Khris Middleton, dan Nikola Mirotic menghasilkan lebih dari separo perolehan poin Bucks. Khris menjadi top pointer buat timnya dengan torehan 30 poin. Antetokounmpo menyumbang 25 poin, sedangkan Mirotic dengan 11 poin.

Antetokounmpo menyatakan pergerakan Kawhi harus tetap dijaga ketat. "Tetapi pada akhirnya, jika pemain cadangan mereka masuk dan membuat tembakan, kami harus bisa realistis dan melakukan pekerjaan kami dengan baik," terang pemain Yunani tersebut.

Selanjutnya, Bucks kembali mendapatkan home advantage saat memulai game kelima di Fiserv Forum, Milwaukee, besok. Final wilayah Timur kali ini berbanding terbalik dengan game final di wilayah Barat. Golden State Warriors sudah menanti pemenang antara Bucks dan Raptors di grand final NBA musim ini. (nap)