Duta Baca Nasional

Duta Baca Nasional

  Kamis, 3 March 2016 07:47
Najwa Shihab

Berita Terkait

PRESENTER Najwa Shihab ditunjuk sebagai Duta Baca Nasional periode 2016-2020 oleh Perpustakaan Nasional. Dengan tanggung jawab baru tersebut, pembawa berita Metro TV dipastikan tidak hanya mengkritik kebijakan pemerintah.

Sebaliknya,  perempuan kelahiran Makasar, 16 September 1977 itu bakal mengajak generasi muda gemar membaca.”Lewat tanggung jawab ini saya akan mencoba untuk mengajak masyarakat untuk gemar membaca,” ujarnya saat ditemui di Perpustakaan Nasional, belum lama ini.

Selama ini minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah.  Dibandingkan negara di Asia. Indonesia berada di urutan ke 52.”Minat baca masyarakat Indonesia terendah di antara 52 negara Asia,”katanya.

Najwa akan bekerjasama dengan perpusatakaan nasional untuk menggalakkan masyarakat gemar membaca. ”Disini saya tidak sendiri. Akan ada banyak yang terlibat dalam mengerakan kegiatan ini. Salah satunya perpustakaan nasional,” papar perempuan yang meraih penghargaan Panasonic Gobel Awards 2015, dalam katagori Presenter Talkshow Berita & Informasi Terfavorit itu.

Kepala Perpustakaan Nasional (PERPUSNAS), Sri Sularsih berharap presenter Mata Najwa ini bisa menjadi motivator bagi masyarakat Indonesia agar semakin giat membaca.”Duta Baca Indonesia merupakan seorang publik figur yang lekat dengan dunia perpustakaan dan aktivitas membaca. Selain mengampanyekan kebiasaan membaca, seorang duta baca juga harus berperan aktif dalam menumbuhkan minat membaca,” katanya.

Misi utama duta baca adalah mengampanyekan kebiasaan membaca di kalangan masyarakat Indonesia. Berperan aktif membantu program nasional dalam menumbuh kembangkan kebiasaan membaca masyarakat Indonesia melalui berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan Perpusnas (Perpustakaan Nasional). (ash)

Berita Terkait