Durian Jarum Mas jadi Varietas Primadona Punggur Kecil

Durian Jarum Mas jadi Varietas Primadona Punggur Kecil

  Sabtu, 12 January 2019 21:35

Berita Terkait

RATUSAN warga memadati Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Kerumunan masyarakat ini untuk menikmati buah durian secara gratis dalam kegiatan Festival Durian Borneo 2019. 

Acara yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalbar H. Sutarmidji ini, merupakan pesta rakyat yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Kalimantan Barat dan mengenalkan varietas buah durian yaitu Jarum Mas yang merupakan vatietas unggulan di Desa Punggur Kecil tersebut. 

"Durian yang terbaik di Indonesia ada di Kalbar, kecuali durian pelangi yang ada di Irian. Untuk di Kalbar sendiri ada 12 varietas buah durian unggul yang sudah dikenal oleh masyarakat luas," ungkap Gubernur Kalbar H. Sutarmidji usai membuka Festival Durian Borneo 2019 pada  Sabtu (12/1).

Adapun 12 varietas buah duria itu merupakan durian hutan yang tersebar di Kalbar. Kekayaan buah lokal Kalbar ini, lanjutnya, harus dijaga oleh semua pihak. Tak terkecuali masyarakat. Hal ini diharapkan orang nomor satu di Kalbar demi mencegah hilangnya bibit unggul.

"Kita berharap Kalbar ini bisa benar-benar menjaga buah lokalnya. Kadang, diakali oleh orang luar. Dia mau ambil bibitnya supaya kita tidak lagi punya yang unggul. Dia beli pohonnya, kemudian dia tebang, dia ambil pucuknya dan mereka sambung di negara dia,” ujarnya. 

Sementara itu,  Ketua Panitia Priyono mengatakan festival durian bukanlah semata-mata kompetisi untuk mencari varietas durian terbaik. Lebih dari itu, festival durian merupakan pesta rakyat yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Kalimantan Barat. 

“Festival durian ini adalah pesta kita semua. Kita tidak sedang mencari yang terbaik. Artinya durian yang ada di Kalbar semuanya bagus,” ujarnya.

Pelaksanaan pekan gembira ini diikuti oleh 100 peserta. Tak hanya berasal dari Kalbar, festival ini pun turut diikuti oleh peserta dari Provinsi Kalimantan Timur. 

“Untuk kontes 100 orang. Pesertanya ada dari Balai Karangan, Ketapang, dan dari Kalimantan Timur juga sudah konfirmasi akan hadir,” kata Priyono.

Pada festival ini, panitia menyediakan durian jarum mas yang merupakan vatietas unggulan di Desa Punggur Kecil. Selain varietas tersebut, durian dari jenis lain pun turut disediakan sebanyak 2100 buah untuk dimakan bersama. ( Humas Prov.Kalbar)

Berita Terkait