Dukungan Power Unit Baru

Dukungan Power Unit Baru

  Kamis, 20 June 2019 11:01
FOTO : Max Verstappen

Berita Terkait

Red Bull Berharap bisa Mengejar Mercedes-Ferrari

LE CASTELLET - Honda, penyuplai mesin Red Bull dan Toro Rosso memberikan sedikit sentuhan untuk balapan akhir pekan GP Prancis akhir pekan ini (23/6). Mereka menyiapkan Spec 3 power unit yang akan digunakan Max Verstappen, dan Pierre Gasly dari Red Bull.

Driver Toro Rosso, Daniil Kvyat juga akan mendapatkan upgrade mesin yang sama. Langkah yang diambil pembalap Rusia itu bisa memicu penalti 10 grid saat balapan, sebab dia sudah menggunakan tiga mesin musim ini. Sedangkan Alexander Albon, rekan setim Kvyat saat ini sudah mencapai batas penggunaan mesin.

Selanjutnya, pembalap Thailand itu tetap akan menggunakan mesin dengan spesifikasi yang digunakan sebelumnya. Direktur Teknik Honda, Toyoharu Tanabe menyebutkan, secara spesifik perubahan utama terjadi di area ICE (internal combustion engine) dan turbocharger. Ini menjadi kesempatan kedua Red Bull menggunakan power unit terbaru musim ini.

Menjelang balapan di sirkuit jalanan GP Azerbaijan, Red Bull juga mendapatkan mesin anyar, Spec 2 power unit. Hasilnya saat itu mereka bisa finis ketiga dalam balapan yang berlangsung di kota Baku.

Perubahan yang ada saat ini jelas diharapkan bisa menambah tenaga RB15 dan STR14. "Data tes kami menunjukkan adanya peningkatan tenaga dari power unit sebelumnya," ucap Tanabe dikutip Sky Sports. Meskipun demikian, Tanabe mengungkapkan pabrikan lain, Mercedes dan Ferrari masih unggul dari mereka.

"Tetapi ini menuju arah yang benar, kami akan melanjutkan pengembangan di sisa waktu musim ini," lanjut pria Jepang tersebut. Red Bull melalui Verstappen terus berkembang sepanjang musim ini. Pada GP Spanyol dan Monako dia sempat mengungguli Ferarri dalam balapan.

Pada race terakhir di Kanada, Verstappen harus mengakhiri balapan di posisi kelima. Red Bull tetap berupaya meningkatkan performa RB15 untuk bisa memberikan tekanan kepada dua tim papan atas pada balapan akhir pekan ini.

"Kami memaksimalkan semua hal di Kanada, dan kami bekerja keras untuk meningkatkan semua aspek," terang pembalap asal Belanda.

Datang ke Sirkuit Paul Richard di Prancis, Red Bull tetap berupaya kembali naik podium. Kepercayaan diri mereka bertambah mengingat mereka sempat naik podium pada edisi tahun lalu. 

Musim lalu, Verstappen berhasil finis kedua setelah sebelumnya membalap dari posisi keempat. Sedangkan rekan setimnya saat itu, Daniel Ricciardo berhasil finis keempat. Sebagaimana diketahui, GP Prancis di sirkuit Paul Richard absen menggelar balapan selama sembilan musim, pada 2009-2017.

Dengan upgrade terbaru, Verstappen merasa lebih nyaman berada di belakang kemuda RB15. "Jadi saya berharap, kami bisa menantang para pembalap terdepan untuk bisa lebih mendekat di Prancis," putra pembalap legendaris, Jos Verstappen. (nap)

Berita Terkait