Dukung Singkawang Smart City

Dukung Singkawang Smart City

  Selasa, 15 May 2018 10:36
DIALOG: Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memberikan sambutan saat dialog publik. Har/Pontianak Post

Berita Terkait

Palapa Ring Barat

SINGKAWANG—Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meninjau pembangunan palapa ring barat di titik landing spot tepatnya di kota Singkawang Kalbar Senin (14-05-2018). Tujuannya memastikan pembangunan jaringan Pembangunan infrastruktur kabel serat optik bawah laut paket barat ini selesai sesuai jadwal yang diperkirakan selesai akhir tahun 2018.

Menteri Kominfo RI Rudiantara, palapa Ring Barat Sumatera Daratan, Batam, Anambas, Natuna dan berakhir di Kota Singkawang Kalbar. Manfaatnya pembangunan Palapa Ring Barat ini, kata Rudiantara, agar kedepannya dapat mengurangi wilayah yang tidak ada jaringan komunikasi atau internet (blankspot,red)  di wilayah yang dilalui Palapa Ring Barat ini.

“Dengan beroperasinya Palapa Ring Barat ini maka kedepannya dapat mengurangi areal Blankspot,” ungkapnya kemarin saat menghadiri peresmpian media center Pemkot Singkawang di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang Senin (14-05-2018) kemarin.

Sementara itu Wali Kota Singkawang  Tjhai Chui Mie mengapresiasi atas apa yang dilakukan Kominfo RI yang telah membangun jaringan serat optik Palapa Ring Barat yang titik area landing spotnya di kota Singkawang. “Semoga pembangunan jaringan Palapa Ring Barat ini berdampak positif bagi masyarakat terutama dalam meningkatkan partisipasi masyarakat mengakses internet,” ungkapnya.

Bahkan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie secara khusus berharap agar adanya pembangunan Palapa Ring Barat ini akan memudahkan masyarakat kota Singkawang mendapatkan jaringan telekomunikasi. Sehingga masyarakat dapat mengakses internet dengan maksimal dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan informasi masyarakat itu sendiri.

“Saya berharap dengan beroperasinya Palapa Ring Barat maka di kota Singkawang tidak ada lagi Blank spot,” jelasnya. Selain itu Wali Kota berharap juga beroperasinya Palapa Ring Barat dapat membantu pemerintah kota Singkawang dalam menjadi Smart City yang tentu saja membutuhkan akses layanan telekomunikasi yang maksimal.m “Ini akan bermanfaat bagi kita memanfaat IT demi kelancanaran layanan pemerintah kepada masyarakat,” jelasnya.

Karena bagi dirinya selaku Wali Kota, kata dia, berguna dalam rangka memonitor kinerja aparat yang ia pimpin terutama di kelurahan-kelurahan. “Jadi IT ini sangat penting dan bermanfaat. Salah satunya sangat bermanfaat dimana saya bisa memantau kinerja kelurahan kelurahan menggunakan CCTV di ruang kerja saya,” katanya. (har)

Berita Terkait