Dukung Pemenuhan Indikator Desa Mandiri

Dukung Pemenuhan Indikator Desa Mandiri

  Jumat, 17 May 2019 10:15
PELATIHAN : Para peneliti dan staf Balitbang Kalbar saat mengikuti pelatihan tentang Sistem Informasi Geografis (SIG), Rabu (15/5).

Berita Terkait

Pelatihan SIG Untuk Peneliti Balitbang

Para peneliti dan staf Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mendapat pelatihan tentang Sistem Informasi Geografis (SIG). Kegiatan yang digelar bersama Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Wilayah Kalbar itu dalam rangka peningkatan kapasitas di bidang tersebut. 

Plt Kepala Balitbang Kalbar Emi Puterina mengungkapkan, peningkatan kemampuan terkait SIG ini juga sebagai upaya mengejar terealisasinya program desa mandiri. Para peneliti di Balitbang diharapkan mampu memberikan sumbangsih saran bagi pemangkut kepenting untuk mewujudkan indikator-indikator desa mandiri. Khususnya yang berkaitan dengan SIG.  "Dalam kegiatan ini terdapat pelatihan untuk membuat peta tematik sebagai upaya mendukung tercapainya beberapa indikator desa mandiri," ungkapnya, Rabu (15/5). 

Adapun indikator desa mandiri yang berkaitan langsung dengan SIG adalah indeks ketahanan sosial  dan indeks ketahanan lingkungan. Ilmu yang didapat dalam pelatihan ini dapat membantu praktisi SIG melakukan analisis permodelan, dan pengolahan data spasial, secara efektif dan efisien terkait dengan program-program kelitbangan. 

Hal yang tak kalah penting menurut Emi dengan memberikan pengetahuan dan peningkatan kapasitas terkait SIG secara terus menerus, ke depan dapat menjadi modal yang besar guna mendukung program penelitian lainnya. Khususnya permodelan berbasis kewilayahan oleh Balitbang Kalbar. 

"Kami akan terus berbenah dengan meningkatkan dan memaksimalkan seluruh potensi yang ada sehingga dapat menyuguhkan hasil penelitian bersama data akurat sebagai dasar setiap pengambilan kebijakan di Pemprov Kalbar," pungkasnya.  Sementara itu, Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Wilayah Kalbar Hendri Wahyudi menjelaskan, pelatihan SIG yang diberikan dapat mendukung Balitbang mendapatkan data-data yang bisa dikembangkan menjadi data spasial. Data-data itu dapat mendukung program-program pembangunan di Kalbar, termasuk mewujudkan desa mandiri. 

"Pada pelatihan ini kami berusaha memberikan materi-materi dasar di dalam program peta, membuat layoutnya serta tampilanya. Sekaligus data-data mana saja yang bisa diambil," jelasnya.  Lebih lanjut dipaparkannya, bahwa data-data yang sudah terkumpul itu nanti dapat diolah menjadi data wilayah. Seperti daerah sebaran bencana dan sebaran lainnya. Termasuk untuk mendukung program desa mandiri yang berhubungan dengan data-data spasial. Sebab dalam hal ini memang diperlukan data-data yang lengakap dan komprehensif per masing-masing desa. 

Misalanya data rawan bencana, data potensi pangan dan beberapa data lain yang bisa ditampilkan dalam bentuk peta tematik yang telah dibuat. "Itu bisa disimulasikan didalam peta tematik," katanya.  Ia berharap Balitbang sebagai lembaga atau badan yang memang fokusnya pada kegiatan penelitian, pengembangan dan inovasi bisa memiliki kontribusi yang besar dalam pembangunan daerah. "Kami dari asosiasi akan siap memberikan dukungan sepenuhnya apapun program pemerintah sesuai dengan kapasitas yang kami miliki," pungkasnya.(bar)

Berita Terkait