Dua Tugas Besar Jakius

Dua Tugas Besar Jakius

  Rabu, 7 September 2016 09:30
LANTIK : Gubernur Kalbar Cornelis, saat melantik Jakius Sinyor sebagai Pj Bupati Landak, kemarin (6/9).

Berita Terkait

LANDAK -- Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Landak usai. Adrianus Asia Sidot resmi digantikan sementara oleh PJ Bupati Landak Jakius Sinyor, Kadis Pekerjaan Umum Pemprov Kalbar. Dua pekerjaan besar harus diselesaikan dalam tiga bulan: persiapan Pilkada dan penyusunan APBD 2017. 

Gubernur Kalbar Cornelis tak banyak berpesan kepada PJ Bupati Landak. Dalam sambutannya, dia hanya menegaskan, besok akan menggelar rapat bersama sejumlah SKPD dan sejumlah kepala daerah.  "Tidak membuang- buang waktu. Makanya besok rapat, hari ini tak usah ngomong. Ucapkan selamat dan terimakasih Jak. Besok baru ngomong kerja sesuai dengan aturan," kata Cornelis, di aula kantor Bupati landak usai pelatikan, Selasa (6/9).

Dalam masa senjang tiga bulan ini, sebut Cornelis waktu singkat untuk mengerjakan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ada dua instruksi presiden yang harus segera dilakukan: menyusun struktur organisasi pemerintahan yang baru serta mengisi personilnya. "Itu menyangkut anggaran 2017. Rapat dengan dewan menyusun APBd, November harus sudah ketok palu. Ini waktu yang mepet, segera dilakukan,"ungkapnya.

Cornelis berpesan, agar Jakius membantu penyelenggaraan Pemilihan kepala daerah (Pilkada), terutama berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu. "Ciptakan keamanan, supaya pemilu berjalan demokratis, jujur dan bertanggung jawab. Dan siapkan duitnya," pintanya. PJ Bupati Landak, Jakius Sinyor mengatakan, dalam waktu tiga bulan ini akan melakukan langkah konsultasi dan mengevaluasi rencana kedepan.

"Sesuai dengan tugas yang diminta  Mentri Dalam Negeri, saya harus menyelesaikan tugas maslaah Pilkada ini. Kemudian kami akan menyusun APBD sesuai dengan peraturan yang baru," kata Jakius usai pelantikan. Jakius memastikan, akan segera menggelar rapat bersama SKPD terkait untuk mengevaluasi program kerja selama satu tahun kedepan. "Besok kita rapat dan apa yang akan kita untuk melanjutkan program peninggalan Bupati yang lama,"jelasnya.

Mantan Bupati Landak, Adrianus Asia Sidot mengaku percaya Jakius mampu memimpin landak. Apalagi, dia mengaku kenal dekat dengan Jakius. "Saya percaya pak Jakius mampu memimpin landak dan bisa menyelesaikan persoalan masyarakat. Saya berharap program kerja yang selama ini sudah dirintis sesuai visi misi daerah, tetap dilanjutkan," harapnya. 

Usai tak menjabat menjadi orang nomor satu di Kota Intan, Adrianus mengaku lega. Sebab tanggungjawab yang diembannya selama ini, bisa berjalan dengan baik. Kendati demikian, masih banyak persoalan yang belum terselesaikan selama dua periode menjabat sebagai Bupati.

"Banyak yang belum terealisasi. Soal disiplin dan mentalitas guru masih perlu dibenahi. Infrastruktur pendidikan dan kesehatan serta jalan juga menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan. Semoga kedepan ini bisa terjawab. Rasanya lega, beban sudab lepas, bersyukur ringan rasanya,"tukasnya. (gus)

 

Berita Terkait