Dua Pekerja Jatuh dari Tiang Listrik

Dua Pekerja Jatuh dari Tiang Listrik

  Sabtu, 23 July 2016 09:39
DIEVAKUASI: Salah satu korban dalam perawatan. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH - Kecelakaan kerja menimpa dua petugas listrik CV Delta Pandu. Kecelakaan terjadi ketika korban sedang mengecek tiang beton di Dusun Parit Kurus, Desa Sungai Bakau Besar, Kecamatan Sungai Pinyuh, Jumat (22/7) sekitar pukul 09.30 WIB.  Korban jatuh akibat tiang beton yang dinaikinya patah.

 
Kedua petugas tersebut bernama Lay, warga Kecamatan Anjongan dan Awi, warga Desa Galang Kecamatan Sungai Pinyuh. Keduanya petugas listrik dibawah naungan CV Delta Pandu yang juga rekanan PT PLN Rayon Mempawah.

Dari informasi yang dihimpun koran ini, kecelakaan bermula ketika PT PLN Rayon Mempawah mendapatkan keluhan dari salah seorang pelanggan di Dusun Parit Kurus, Desa Sungai Bakau Besar. Kepada PLN, pelangan tersebut meminta agar tiang listrik yang berada di samping rumahnya dipindahkan. Pelanggan tersebut khawatir tiang listrik tumbang dan merusak bangunan rumah miliknya.

Menanggapi laporan tersebut, PT PLN pun berkoordinasi dengan CV Delta Pandu sebagai rekanan untuk melakukan pengecekan sekaligus persiapan untuk memindahkan jaringan listrik dilokasi tersebut. Sebelum melakukan pemindahan jaringan, petugas pun terlebih dahulu memastikan tiang yang dipakai siap untuk digunakan nantinya.

Dua orang petugas yakni Lay dan Alwi pun ditugaskan melakukan pengecekan. Keduanya lantas memanjat tiang beton yang rencananya akan digunakan untuk tiang baru jaringan diwilayah itu. Kecelakaan kerja itu pun terjadi ketika kedua petugas berada dibagian atas tiang beton.

Diduga lantaran sudah lapuk, tiang beton tersebut patah. Naas, kedua petugas yang sudah tertambat dengan tali pengaman tak mampu berbuat banyak. Keduanya pun jatuh ke tanah bersama patahan tiang beton. Akibat kecelakaan kerja itu, Lay mengalami cidera serius pada bagian leher. Sedangkan Awi hanya mengalami cidera ringan pada kakinya.

Kedua nya pun langsung dilarikan ke RSUD dr Rubini Mempawah  untuk mendapatkan pertolongan medis. Namun, minimnya peralatan membuat Lay mengalami cidera serius terpaksa dirujuk ke RS Antonius Pontianak agar ditangani lebih intensif.

 “Awalnya kita sudah siapkan tiang besi untuk memindahkan jaringan listrik tersebut. Namun, pihak rekanan mengatakan tiang beton tersebut masih kokoh dan bisa digunakan. Dan ketika dilakukan pengecekan ternyata tiangnya patah hingga terjadilah kecelakaan tersebut,” terang Manager PLN Rayon Mempawah, Saut Manurung dikonfirmasi Pontianak Post.

Saut memastikan kedua petugas yang menjadi korban dalam kecelakaan kerja itu bukan karyawan PT PLN Mempawah. Melainkan petugas CV Delta Pandu yang menjadi rekanan PT PLN Rayon Mempawah.

 “Walau bukan menjadi tanggungjawab kami, namun secara kemanusiaan kita pun prihatin dengan kondisi korban. Secepatnya saya akan membesuk korban yang saat ini masih dirawat di rumah sakit,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait