Dorong Percepatan Penyaluran DAK Fisik di Sanggau

Dorong Percepatan Penyaluran DAK Fisik di Sanggau

  Sabtu, 11 May 2019 11:17
RAKOR: Kakanwil DJPb (2 dari kanan) dan Bupati Sanggau saat melakukan Rakor DAK Fisik dan Dana Desa di ruang rapat Kantor Bupati Sanggau. IST

Berita Terkait

SANGGAU—Kabupaten Sanggau pada tahun anggaran 2019 mendapatkan Pagu dana alokasi khusus (DAK) Fisik sebesar Rp194 miliar. Terdapat peningkatan bila dibanding tahun 2018 yang sebesar Rp192 miliar. 

DAK Fisik merupakan dana yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan fisik yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. 

Demikian disampaikan Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kalbar Edward Nainggolan saat rapat koordinasi bersama Bupati Sanggau dan jajarannya.

Edward juga mengingatkan batas waktu penyaluran DAK Fisik paling lambat awal bulan Juli. Oleh sebab itu seluruh jajaran Pemkab Sanggau mulai dari BPKAD, Inspektorat, Bappeda, dan dinas terkait bekerja bahu-membahu. 

Edward juga berharap agar pencairan tahap kedua dan ketiga dipersiapkan maksimal sehingga pencairannya tepat waktu. Disamping itu Edward juga berpesan agar kegiatan DAK Fisik yang tidak bermanfaat bagi masyarakat tidak dilaksanakan.

Bupati Sanggau Paolus Hadi, menyambut baik rekomendasi yang disampaikan oleh Kakanwil DJPb Kalbar. Bupati, menekankan kepada seluruh kepala dinas bahwa persyaratan tahap pertama DAK Fisik harus segera disampaikan paling lambat pada 1 Juli 2019. “Untuk mengejar ketertinggalan tersebut diperlukan kesungguhan, kerja keras dan keikhlasan, bekerja dengan hati,” kata Bupati. 

Selanjutnya, Edward menyampaikan mengenai penyaluran Dana Desa. Kabupaten Sanggau pada tahun 2019 yang mendapat pagu sebesar Rp150 miliar. Mengalami kenaikan cukup signifikan dibanding tahun 2018 yang berjumlah Rp129 miliar. 

Edward berpesan agar dana desa tahap I yang telah disalurkan ke RKUD segera dicairkan ke seluruh desa di Kabupaten Sanggau sesuai ketentuan. “Jika terdapat kendala pencairan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Camat dapat segera menyelesaikannya,” kata Edward. Dia juga mengharapkan agar Kabupaten Sanggau menyampaikan persyaratan penyaluran dana desa tahap ke II paling lambat bulan Juni.

Bupati Sanggau mengakhiri rapat koordinasi dengan komitmen, akan mendorong percepatan pencairan dana desa dan berharap dengan adanya dana desa dapat mengurangi kategori desa sangat tertinggal serta  dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sanggau yang masih di bawah angka pertumbuhan ekonomi nasional. (r/*)

Berita Terkait