Dorong Pengembangan Usaha Petani Kelapa Sawit

Dorong Pengembangan Usaha Petani Kelapa Sawit

  Senin, 16 April 2018 11:00
MEMBUKA: Bupati Sintang Jarot Winarno melihat produk makanan disela membuka pelatihan usaha pengembangan usaha petani kelapa sawit. HUMAS PEMKAB SINTANG FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINTANG - Bupati Sintang, Jarot Winarno, belum lama ini, membuka acara program pengembangan kapasitas usaha, pembukaan klasterisasi kelompok usaha perkebunan kelapa sawit, di Balai Praja.

Menurut Jarot, usaha yang  mempunyai daya tahan paling kuat dalam menghadapi krisis ekonomi itu UMKM. Tapi, UMKM mempunyai masalah besar, terkait modal, kapabilitas – kemampuan keterampilan kerja, dan marketing. Karena itu dibutuhkan sistim bapak angkat, untuk memberikan solusi-solusi berkaitan UMKM.

Bupati Sintang sangat mengapresiasi program yang dilakukan BUMN dalam pembinaan kepada petani. Kegiatan tersebut akan sangat membantu pemerintah dalam mewujudkan visi untuk masyarakat Sintang yang maju dan sejahtera.

Hadir sebagai peserta pelatihan, yakni petani dan kelompok usaha perkebunan kelapa sawit yang ada di Sintang. Ada sekitar 100 peserta hadir. Penyelenggaranya salah satu BUMN. Kegiatan ini juga menyajikan ekspo produk hasil kelompok binaan yang telah berjalan. Ada yang bergerak di bidang pertanian, kerajinan, dan makanan.

Pelatihan bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keahlian kelompok usaha dan petani dalam meningkatkan kualitas produksi lebih baik. Secara spesifik, setelah ikut serta dalam program ini, petani mendapat informasi lengkap tentang budidaya sawit yang baik dan benar, pemupukan dan perawatan tanaman, hingga cara menggunakan obat pertanian. Selain  itu, ada juga informasi mengenai pengolahan produk turunan dari hasil perkebunan kelapa sawit.

“Yang diinginkan, yakni membangun sinergi dan kolaborasi antar petani binaan.  Pembinaan dan pendampingan ini selama kurang lebih lima bulan, kemudian dievaluasi,” tutupnya. (humas)

Berita Terkait