Ditinggal ke Sawah, Rumah Intan Terbakar

Ditinggal ke Sawah, Rumah Intan Terbakar

  Rabu, 20 March 2019 09:52
LUDES TERBAKAR: Rumah Intan terlihat rata dengan tanah setelah dilahap si jago merah saat ditinggalkan ke sawah. OZY/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SAMBAS – Ditinggal pergi ke sawah, satu unit rumah milik Intan (41), warga Dusun Setingga RT 04 RW 08 Desa Sebubus Kecamatan Paloh ludes dilalap si jago merah. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran, namun api diduga berasal dari api tungku bekas memasak. 

Kejadian ini dibenarkan Kapolres Sambas, AKBP Permadi Syahids Putra SIK MH melalui Kapolsek Paloh, Kompol Hadiryaman SH. Pihak kepolisian juga sudah mendatangi lokasi kejadian dan memintai keterangan kepada sejumlah saksi. “Rumah kediaman milik Intan, posisinya tepat di tepi jalan,” kata Kapolsek Paloh, Kompol Hadiryaman, Selasa (19/3).

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, pemilik rumah, sekira pukul 13.00 WIB, meninggalkan rumah untuk berangkat ke sawah. “Sebelum meninggalkan rumah, Intan mengaku sudah mematikan api tungku yang digunakan untuk memasak. Intan juga mengaku menghidupkan magic com (penanak nasi listrik) untuk memanaskan nasi,” kata Hadiryaman.

Namun kurang lebih pukul 16.15 WIB, Intan mendapatkan telepon dari warga yang mengabarkan rumah tempat tinggalnya terbakar. “Saat kejadian Intan masih di sawah. Setelah mendapatkan telepon, Intan langsung pulang ke rumah,” katanya.

Api diduga muncul pertama sekitar Pukul 16.00 Wib, dimana itu diperkuat keterangan saksi yang tak jauh dari lokasi, melihat kepulan asap dari belakang rumah Intan. Bahkan warga yang melihat tersebut bersama temannya langsung menuju titik asap itu muncul. “Dari dekat, belum terlihat api hanya asap yang cukup tebal sehingga diupayakan untuk dilakukan pemadaman, karena rumah dalam keadaan terkunci warga tidak dapat masuk,” katanya.

Belum lagi, saat kejadian angin begitu kuat sehingga api dengan cepat membakar bangunan rumah yang bermaterial kayu dan atap daun. “Awalnya bagian belakang rumah, namun dengan cepat menyebar ke bagian depan rumah. Warga pun berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya, termasuk mendatangkan dua unit robin 2 unit, dan sekitar 30 menit api dapat dipadamkan dan tidak meluas kemana – mana meski rumah Intan sudah rata dengan tanah,” katanya.

Dari pemeriksaan sementara, kerugian material mencapai sekitar Rp40 Juta, bangunan rumah habis, dua unit sepeda motor ikut terbakar, serta perabotan rumah tangga lainnya yang tidak sempat diselamatkan. (fah)

Berita Terkait