Distribusi Air Bersih Kembali Tersendat

Distribusi Air Bersih Kembali Tersendat

  Kamis, 30 May 2019 10:05
PENGECEKAN PIPA: Petugas PDAM Kabupaten Kapuas Hulu ketika sedang melakukan pengecekan pipa jaringan di daerah Kedamin Darat Kecamatan Putussibau Selatan, kemarin. ISTIMEWA

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Distribusi air bersih di wilayah Kedamin kembali tersendat. Petugas perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kapuas Hulu melakukan pengecekan pipa jaringan air bersih di wilayah Desa Kedamin Darat, Kecamatan Putussibau Selatan, kemarin.

Direktur PDAM Kabupaten Kapuas Hulu Sainihadi mengungkapkan, pengecekan tersebut dilakukan karena sudah hampir sepekan distribusi air di daerah tersebut tersendat.

“Kita masih cari apa penyebabnya. Kemarin kita juga turun. Ini masih kita cek lagi,” terang Sainihadi ditemui di lapangan.

Menurut Saini, tersendatnya distribusi air itu bisa disebabkan sejumlah faktor, seperti ada pohon tumbang, akarnya terkena pipa, sehingga menyebabkan kebocoran.

“Kemarin ada kita temukan pipa bocor di bawah, namun sudah diperbaiki. Kemudian di daerah lintas timur juga sudah kita tangani,” tambahnya.

Secara umum Saini, sapaan karibnya, memastikan distribusi air ke pelanggan berjalan lancar, baik daerah Putussibau Utara maupun Selatan. Pihaknya terus mengupayakan agar menjelang hingga perayaan Idul Fitri nanti, suplai air bersih ke masyarakat tetap lancar.

“Untuk di instalasi dan ketersediaan air baku tidak ada masalah. Kita usahakan supaya lebaran nanti tidak ada hambatan suplai air ke masyarakat,” ulasnya.

Yang terjadi, kata Saini, kadang penyumbatan dan umumnya memang terjadi kebocoran  pada pipa jaringan air bersih itu sendiri. (arf)

Berita Terkait