Diskominfo Berikan Penyuluhan Internet Sehat kepada Pelajar

Diskominfo Berikan Penyuluhan Internet Sehat kepada Pelajar

  Kamis, 9 Agustus 2018 10:00
INTERNET SEHAT: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang, Ahyadi mengimbau masyarakat agar bijak dan sehat menggunakan internet kepada para pelajar. HARIKURNIATHAMA /PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINGKAWANG -- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang, Ahyadi mengimbau masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial termasuk para pelajar.

“Jangan ada unggahan ujaran kebencian di media sosial, unggahan yang dapat memprovokasi sekaligus unggahan yang dapat menimbulkan kerugian bagi diri sendiri maupun orang banyak. Gunakanlah internet secara sehat,” ujar Ahyadi dihadapan sekitar 100 pelajar dalam Penyuluhan Internet Sehat Kota Singkawang Tahun 2018 di Aula SMKN 2 Singkawang, Rabu (8/8) kemarin.

Para pelajar yang menggunakan media sosial dalam bersosialisasi dan berinteraksi harus tahu etika dalam berselancar di jagad dunia maya.  Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada pengguna media sosial khususnya kepada pelajar SMA/SMK. “Diharapkan para pelajar SMA/SMK ini bisa lebih memahami bagaimana cara pemakaiannya, bagaimana cara membuat status yang baik di media sosial, dan lain sebagainya,” katannya.

Alasan pihaknya memilih sasaran anak-anak SMA/SMK, lantaran mereka dinilai lebih banyak dan lebih bijak dalam memahami media sosial. "Sehingga mereka yang kita menyaring unggahan hal hal yang tidak bermanfaat. Selaku pengguna media sosial para pelajar harus menjadi penyaring atas informasi yang diterima sehingga mereka ini bisa menjadi warga, pelajar dan anak bangsa yang cerdas," ungkapnya.

Menurutnya pula, penggunaan internet sehat diyakini dapat mengantisipasi berita-berita Hoax atau bohong yang sedang marak di media sosial sekarang ini. "Melalui penyuluhan ini ini kita juga memberikan pemahaman-pemahaman seperti apa itu berita Hoax," ujarnya.

Mengingat perkembangan ITE sekarang ini cukup marak dan berbahaya, namun apabila tidak segera diantisipasi tentunya akan bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. (har)

Berita Terkait