Dishub Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ 2018

Dishub Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ 2018

  Jumat, 14 September 2018 10:00
FOTO BERSAMA: Pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan foto bersama panitia. IST

28 Pesera Bersaing jadi Terbaik

PONTIANAK-Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat mengadakan acara pemilihan pelajar pelopor keselamatan dan angkutan jalan tingkat Provinsi Kalbar. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Dangau, Kamis (13/9) dan dibuka langsung oleh kepala Dinasnya, Manto Saidi.

Untuk tahun ini, peserta pemilihan pelajar pelopor keselamatan LLAJ Tingkat Provinsi Kalbar 2018 diikuti pelajar dari perwakilan Sekolah Menengah Atas se Kalbar. Rincinya, 28 orang utusan dari tujuh kabupaten kota, yaitu 16 orang dari Pontianak, 1 orang dari Singkawang, 3 orang Kabupaten Kubu Raya, 2 orang dari Sambas, 2 orang dari Sintang, 2 orang dari Kapuas Hulu dan 2 orang dari Kabupaten Kayong Utara.

“Maksud diselenggarakan kegiatan pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar dalam rangka pembentukan karakter budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan sehingga jumlah dan tingkat fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas dapat ditekan seminimal mungkin,” kata Kadis Perhubungan, Manto Saidi.

Manto melanjutkan, seiring dengan pertumbuhan jumlah kendaraan maka diperlukan peningkatan kemampuan dan kemauan untuk membudayakan ketertiban lalu lintas, dengan demikian penyelenggaraan kegiatan pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan memiliki arti penting untuk mensosialisasikan lima M.

Yaitu kata dia, meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas. Mengurangi resiko kecelakaan akibat perilaku sebagai pengguna jalan. Menanamkan dan membangun kesadaran generasi muda melalui pelajar untuk berperilaku tertib lalu lintas dan tanggung jawab untuk meningkatkan keselamatan. Menyebarluaskan informasi tentang keselamatan jalan ke kalangan generasi muda melalui pelajar. Dan terakhir kata dia, memberikan penghargaan atas prestasi kepedulian dalam berlalu lintas yang tinggi untuk mewujudkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Dalam kegiatan ini diharapkan para peserta benar-benar memperhatikan dan memahami materi yang disampaikan para narasumber dan mengikuti kegiatan ini dengan baik. Selain itu dengan mengikuti kegiatan ini diharap para pelajar yang diutus masing-masing kabupaten kota dan bebebrapa sekolah dapat menambah pengetahuan dan wawasan untuk menjadi generasi muda yang peduli terhadap keselamatan lalu lintas, lebih tertib dalam berlalu lintas, menyebarluaskan informasi tentang keselamatan lalu lintas atau menjadi pelopor bagi pelajar lainnya.

Dari hasil ini tambah dia, pemenangnya bakal dikirim untuk lomba pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan 2018 tingkat nasional. Targetnya tentu perwakilan pelajar Kalbar bisa berprestasi di sana. Apalagi, beberapa tahun terakhir, pelajar Kalbar dalam ajang ini selalu masuk 10 besar terbaik. Bahkan di tahun 2014 dan 2015 perwakilan Kalbar pernah menjadi juara 1 nasional. Mudah-mudahan di 2018 ini prestasinya juga bisa sama.(iza/ser)