Direncanakan Empat Lantai

Direncanakan Empat Lantai

  Selasa, 12 February 2019 10:11
KUNJUNGAN SEKJEN: RSUD dr. Achmad Diponegoro Putussibau saat mendapat kunjungan dari Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Pribadi, beberapa waktu lalu. (inset) Maket perencanaan RSUD. PAGE FACEBOOK JACK SASOLE ALKATIRI

Berita Terkait

RS Putussibau akan Ditata Ulang
 

PUTUSSIBAU – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Achmad Diponegoro Putussibau akan dibangun menjadi empat lantai. Hal tersebut diungkapkan Harrison, kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu. Pembangunan tersebut, menurutnya, dalam rangka menjamin kenyamanan pelayanan di rumah sakit tersebut.

“RSUD tersebut akan kita bangun tahun ini. Maka beberapa rumah dinas di sekitarnya akan kita bongkar, untuk pembangunan RSUD itu nanti,” kata Harrison, kepala Dinkes Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (11/2).

Harrison mengatakan, konsep atau desain pembangunannya sudah ada. Nantinya, dia menggambarkan, bangunan rumah sakit milik pemerintah tersebut akan dibangun empat lantai, dengan menggunakan lift. Pembangunan tersebut, sebut dia, meliputi ruang gawat darurat, emergency, ICU, PICU, NICU, bangunan  rawat inap, kemudian ada ruang pertolongan persalinan, di mana lokasinya pada lantai I dan II. Kemudian, dia menambahkan, lantai III untuk ruang rawat kelas II, sedangkan lantai IV ruang VIV.

“Dari empat lantai itu akan dibangun bertahap. Tahap pertama dua lantai, ditargetkan selesai tahun ini, kemudian tahun depan lanjut lagi dua lantai,” jelasnya. Bahkan RSUD yang akan dibangun menggunakan dana pusat sekitar Rp25 miliar itu, dipastikan dia, akan dilengkapi laboratorium. 

“Kita bangun sisi kanan dulu untuk tahap pertama ini, kemudian bangunan baru sayap sebelah kiri. Nanti akan banyak lahan hijau, karena lokasi sekitar RS akan kita tata dengan baik,” ujarnya.

Sementara untuk rumah dokter spesialis, Harrison memastikan sudah ada beberapa yang kosong saat ini. Harrison berharap, RSUD Putussibau itu nanti akan menjadi gedung yang representatif untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

“Pembangunan ini sangat penting, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu,” pungkasnya. (arf)

Berita Terkait