Diperuntukkan Buat Sanitarian di Puskesmas

Diperuntukkan Buat Sanitarian di Puskesmas

  Jumat, 22 February 2019 09:24
PELATIHAN: Dinas Kesehatan Sambas saat menggelar pelatihan kepada Sanitarian Puskesmas. ISTIMEWA

Berita Terkait

Pelaksanaan Pelatihan Teknologi Tepat Guna STBM

 

 

Secara umum teknologi tepat guna adalah teknologi yang dirancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, budaya, sosial dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan. 

 

Untuk itu teknologi tepat guna harus menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, mudah dalam pembuatannya, serta mudah dalam mendapatkan bahan dasar pembuatan teknologi itu sendiri. Salah satu upaya yang dikembangkan saat ini adalah Teknologi Tepat Guna Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (TTG STBM).

“Beberapa waktu yang lalu tepatnya bulan Desember 2018, telah dilakukan pelatihan singkat TTG STBM bagi Sanitarian Puskesmas sebagai tindak lanjut dari kegiatan Pekan Sanitasi yang telah dilakukan di Desa Tambatan Kecamatan Teluk Keramat sebelumnya,” kata Sapani A Md KL,  staf bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas.

Pelatihan singkat yang dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, dr Fatah Maryunani pada waktu itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sanitarian Puskesmas dalam menciptakan teknologi tepat gunabidang sanitasi. 

“Pelatihan TTG STBM terlaksana atas kerjasama Dinas  Kesehatan Kabupaten Sambas dan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Provinsi Kalimantan Barat sebagai narasumbernya,”ungkap Sapani.

Masih menurut dia, narasumber yang menyampaikan materi TTG STBM tersebut yaitu Suharno SKM M Kes dan Asmadi ST MT. Kegiatan dilaksanakan di Aula Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sambas. 

Melalui pelatihan singkat ini dimaksudkan agar peserta dapat menerapkan TTG STBM di wilayah kerja masing-masing dalam upaya meningkatkan akses sanitasi dasar dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. (*)

Berita Terkait