Dinas Kesehatan Sasar Desa Tambatan

Dinas Kesehatan Sasar Desa Tambatan

  Rabu, 28 November 2018 10:53
Pacu Kemandirian: Berfoto bersama usai kegiatan Pekan Sanitasi di Desa Tambatan Teluk Keramat.

Berita Terkait

Gelar Pekan Sanitasi

SAMBAS - Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, melalui Bidang Kesehatan Masyarakat mengadakan pekan sanitasi yang kali ini menyasar Desa Tambatan Kecamatan Teluk Keramat, Selasa (27/11). Kegiatan dihadiri Kabid Kesehatan Masyarakat mewakili Kadis Kesehatan, Munziri SKM M Kes, Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas. dari KODIM hadir Peltu Raihan Danramil 08/ Sekura, Usman S Sos MM Camat Teluk Keramat, Purdi Kepala Desa Tambatan,  dan warga masyarakat setempat.

Munziri SKM M Kes, yang juga ketua panitia manyampaikan harapan, dengan adanya program sanitasi ini, dapat memacu kemandirian masyarakat dalam pemenuhan sarana air bersih maupun jamban keluarga. Menurut Munziri, secara umum tujuan program ini adalah untuk menurunkan angka penyakit berbasis lingkungan melalui perbaikan kualitas sarana lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat.

Mewakili Kadis Kesehatan Kabupaten Sambas, Kabid Kesehatan Masyarakat, Samsul Arifin mengatakan pentingnya program sanitasi ini, karena melindungi masyarakat dari ancaman penyakit menular, terutama diare. “Saya berharap agar mencapai hasil maksimal, perlu dukungan dalam dua hal, yakni pola operasional yang dititikberatkan pada pelaksanaan di desa  dan di bawah pembinaan Kecamatan.  Kemudian pelaksanaanya berfokus pada peningkatan kemampuan masyarakat, yang akhirnya akan menciptakan kemandirian masyarakat dalam membangun dan memanfaatkan jamban sehat," kata Samsul.

Pada kegiatan ini Dinas Kesehatan bekerjasama dengan TNI, menggandeng KORAMIL 08/ Sekura. Adapun agenda kegiatannya antara lain pengolahan air bersih, peragaan cuci tangan yang baik dan benar untuk anak TK, dan membuat WC masyarakat kurang mampu. "Rencananya 14 KK yang akan dibuatkan WC, saat ini sudah terealisasi 5 KK, jadi 9 KK akan segera diselesaikan nanti," kata Purdi, Kepala Desa Tambatan, yang mengkoordinir langsung program pekan sanitasi di desa tersebut. Sekadar  informasi, program pekan sanitasi merupakan program menuju desa ODF (open defecation Free),  sekarang baru mencapai 35 persen (69 desa dari 193 desa) . Targetnya hingga akhir Desember 2018, ada 69 desa menjadi target ODF harus selesai.(fah)

Berita Terkait