Dimulai Mengontrak Kini Sudah Buka Cabang

Dimulai Mengontrak Kini Sudah Buka Cabang

  Kamis, 21 July 2016 09:08
BERKEMBANG: Muhammad Noor Dimawansyah saat berada di toko baksonya.

Berita Terkait

Muhammad Noor Dimawansyah bermitra dengan Bank Nasional Indonesia (BNI) sudah turun temurun. Dimulai sejak mendiang orang tuanya membangun usaha di Pemangkat, Kabupaten Sambas. Hubungan baik yang telah terjalin berlanjut ketika merintis usaha di Sintang. “Saya jadi nasabah BNI sudah lama sejak masih di Pemangkat,” katanya.

NOOR mengawali usaha di Kota Sintang pada 2011 silam. Ia membuka warung makan dengan menu utama bakso. Dengan menu tambahan nasi goreng dan ayam keprok. Demi merebut pangsa pasar, Noor menciptakan nama untuk bakso yang dijual supaya dikenal. Yakni Bakso Mercon.

Tempat berjualan pertamanya adalah di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo Baning Sintang. Lambat laun bakso mercon Noor mulai mendapat tempat dan mampu menarik pelanggan, kendati dengan tempat berjualan yang sempit. Hanya berukuran 4x8 meter.

Usaha berkembang, tapi Noor terkendala modal. Sebelum akhirnya memberanikan diri mengajukan kredit ke BNI Sintang. Pinjaman diajukan Rp30 juta. Namun bank menyetujui Rp50 juta. Lantaran pinjaman minimal adalah memang Rp50 juta, yang disediakan bank. Noor merasa sangat terbantu, apalagi proses pengajuan kreditnya tidak sulit. “Bank sangat memberi kemudahan,” katanya.

Dengan modal kredit BNI, usaha Noor kian berkembang. Kini sudah membuka cabang  di Jalan Lintas Melawi Sintang. Bahkan menu yang ditawarkan juga bertambah. Tidak lagi tiga menu seperti saat usaha mulai dirintis.

Noor menyebut kalau pembukaan cabang juga berkat campur tangan BNI, dengan pengucuran kembali kredit. Dimana cabang Bakso Mercon semula di lapter dengan tempat sempit, kini bisa mendapatkan tempat strategis di jalan protokol dalam Kota Sintang. “Saya dapat pinjaman Rp95 juta. Alhamdulillah cicilan saya sisa satu bulan,” kata Noor.

Seiring sudah membuka cabang, Noor menjadi kewalahan melayani pelanggan. Semula cukup ditangani hanya dengan melibatkan anggota keluarga, kini harus dibantu karyawan. Total karyawan bakso mercon kini sebanyak lima orang. Semua yang direkrut merupakan warga Sintang.

Noor mengatakan, berkat pinjaman BNI selain dapat membuka cabang, juga bisa memperpanjang sewat tempat berjualan. Bahkan dengan jeda waktu lebih panjang.  Semula hanya mampu menyewa satu tahun, kini langsung menyewa untuk tiga tahun.

Noor tidak menyanggah kalau mempunyai keinginan untuk memiliki tempat sendiri. Tidak menyewa. Karena itu, Noor berharap tetap mendapat kepercayaan dari BNI, yang selama ini sudah membantunya  membangun usaha. (stm)

Berita Terkait