Dimeriahkan Ratusan Penari Latar

Dimeriahkan Ratusan Penari Latar

  Selasa, 31 July 2018 10:00
TARIAN : Beberapa jenis tarian ikut memeriahkan pembukaan Pesparawi Nasional XII di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman, Pontianak, Senin (30/7) malam. MEIDY KHADAFI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK—Ratusan penari kolosal memeriahkan pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi Nasional XII di Stadion Sutan Abdurrahman, Senin (30/7) malam. Keindahan tarian mengundang decak kagum penonton yang sejak sore hari sudah mulai memadati tribun stadion. Tak ingin kehilangan momen, masyarakat yang pun memadati pagar pembatas di dalam stadion untuk mengabadikan tarian kolosal.

Sebelum dibuka, acara diawali dengan iring-iringan kontingen dari 34 provinsi. Riuh gemuruh penonton menyaksikan iring-iringan kontingen. Cuaca sempat hujan ketika pembukaan digelar. Tapi tak berselang lama, hujan berhenti dan pembukaan terus dilanjutkan. 

Ketua Umum Pesparawi Karolin Margret Natasha berterima kasih kepada panitia yang sudah bekerja keras menyiapkan event nasional. “Panitia sudah menyiapkan segalanya sejak satu tahun terakhir. sebanyak 400 orang terlibat di dalamnya untuk kesuksesan Pesparawi di Kalbar,” kata Karolin. 

Karolin juga berterima kasih kepada pihak lain yang ikut serta menyukseskan pagelaran nasional ini. “Terima kasih kepada 850 penari kolosal yang ikut bekerja keras memberikan hasil terbaik. Begitu juga pihak-pihak lainnya,” ungkap Karolin. 

Penjabat Gubernur Kalimantan Barat Dodi Riyamadji  mengatakan semangat saling hormat menghormati sangat diperlukan untuk merawat kemajemukan dan keberagaman. Oleh karena itu, Pesparawi juga menjadi media positif untuk memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan dalam kehidupan masyarakat antarumat beragama.

Dalam konteks masyarakat Indonesia yang majemuk, Pesparawi yang diselenggarakan secara bergantian di berbagai kota di Indonesia dapat memberikan sumbangan besar bagi upaya pemantapan rasa cinta terhadap tanah air maupun bagi upaya mengembangkan kerukunan hidup antarumat beragama serta penguatan rasa nasionalisme di kalangan umat beragama.

Sementara itu ada belasan lomba dalam Pesparawi Nasional XII. Di antaranya Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC), Paduan Suara Pria (PSP), Paduan Suara Wanita (PSW), Paduan Suara Remaja/Pemuda Campuran (PSR/P), Paduan Suara Anak (PSA), Vocal Group (VG), Musik Pop Gerejawi (MPG), Solo Remaja Putera (SRP Pa), Solo Remaja Puteri (SRP Pi), Solo Anak Putera atau Putri usia 7-9 tahun (SA 7-9), Solo Anak Putera atau Puteri usia 10-13 tahun (SA 10-13) dan Penampilan Musik Etnik Daerah (ME).

Rangkaian lain yang digelar seminar/workshop Pesparawi Nasional. Kemudian  musyawarah nasional yang akan membahas siapa tuan rumah Pesparawi selanjutnya. (mse)

Berita Terkait