Digeber sejak 5 Maret, Terjaring 500 Pelanggaran

Digeber sejak 5 Maret, Terjaring 500 Pelanggaran

  Senin, 19 March 2018 11:00
OPERASI KESELAMATAN: Operasi Keselamatan Kapuas 2018 yang melibatkan tim gabungan dari pihak kepolisan dan pihak lainnya di Kayong Utara. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Operasi Keselamatan Kapuas 2018 di Kayong Utara

SUKADANA – Selama Operasi Keselamatan Kapuas 2018 yang dilaksanakan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kayong Utara, tercatat sebanyak 500 pelanggaran. Hal tersebut disampaikan Kasat Lantas Polres Kayong Utara, IPTU Sulardi, Minggu (18/3) di Sukadana.

Sulardi menambahkan, untuk pelanggaran lebih didominasi oleh pengendara roda dua, yang tidak dilengkapi seperti helm dan kelngkapan kendaraan lainnya. "Kurang lebih sebanyak 500 lebih pelanggaran selama Operasi Keselamatan Kapuas. Sudah kita lakukan teguran, baik lisan,  tertulis, hingga tilang," tutur Sulardi.

Bahkan, memasuki bulan Maret ini, beradasarkan data yang mereka himpun, ada dua korban jiwa yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di jalan. "Bulan ketiga 2018 ini ada dua korban lakalantas yang meninggal dunia," terangnya.

Terkait hal ini, Sulardi, tentunya merasa  prihatin dengan keadaan tersebut. Ia juga telah memonitor sendiri kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan para pelajar baru-baru ini, yang berakibat kehilangan nyawa. 

"Upaya dan usaha telah dilakukan, salah satunya sosialisasi imbauan kesekolah-sekolah, termasuk seluruh kegiaan organisasi masyarakat," pungkasnya.

Menanggapi hal ini, salah satu warga Kayong Utara, Rudi, berharap dengan digelarnya Operasi Keselamatan Kapuas 2018, dapat menambah ketaatan para pengguna kendaraan. "Mudah-mudahan apa yang menjadi program pihak kepolisian dapat menekan tingkat pelaggaran lalu lintas di Kayong Utara," ungkapnya. 

Operasi ini telah digeber sejak 5 Maret lalu dan akan berlangsung hingga 25 Maret mendatang. Wakapolres Kayong Utara Kompol Haryanto saat memimpin upacara dimulainya kegiatan menjelaskan bahwa operasi tersebut digeber dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalulintas (kamseltibcarlantas) di wilayah hukum Polres Kayong Utara. "Kegiatannya dinamakan Operasi Keselamatan Kapuas 2018. Dilaksakan sejak tanggal 5 – 25 Maret," jelasnya, kemarin.

Ia mengatakan pada Operasi Keselamatan Kapuas 2018 diikuti personel Polres Kayong Utara, TNI, Dinas Perhubungan, dan Sat Pol PP Kayong Utara. "Operasi Keselamatan Kapuas ini mengusung tema meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ serta mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas di Kayong Utara," tambahnya. (dan)

Berita Terkait